Cara Membedakan Burung Pleci Jantan Dan Betina

Bismillahirrahmanirrahim, Cara membedakan burung pleci jantan dan betina – Bagi pecinta burung, burung pleci tidaklah asing. Pleci juga dikenal sebagai burung kacamata karena memiliki lingkaran putih di bagian matanya seperti orang yang menggunakan kacamata. Selain fisiknya yang unik, pleci dikenal dengan kicauannya yang keras dan merdu.

Selain sebagai burung hias, tidak sedikit yang ingin ternak burung pleci. Apalagi melihat peluangnya yang bagus dan juga keuntungan yang didapatkan. Namun, hal yang paling mendasar sebelum Anda memutuskan untuk ternak pleci adalah tahu cara membedakan burung pleci jantan dan betina. Hal ini juga berguna sebelum Anda mengikutkannya dalam perlombaan.

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Untuk Pemula

Masalahnya, mengetahui jenis kelamin burung tidaklah mudah. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Semuanya dapat Anda pelajari dengan memahami perbedaan pleci jantan dan betina melalui beberapa cirinya. Lantas, bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina? Simak infonya berikut ini.

1. Lihat Ukuran Ekornya

Ukuran ekor burung pleci

Antara pleci jantan dan betina memiliki bentuk ekor yang berbeda. Anda bisa perhatikan, ekor pleci jantan biasanya lebih panjang jika dibandingkan dengan pleci betina.

2. Bentuk Ekor

Bentuk ekor pleci jantan dan betina

Kemudian, ekor pleci jantan berbentuk huruf “V”, sedangkan pleci betina bentuk ekornya datar. Untuk mengecek bentuk ekor ini, Anda bisa mendekatkan kedua burung.

3. Bentuk Kepala

Cara membedakan pleci jantan dan betina anakan

Bentuk kepala pleci jantan dan betina pun berbeda. Jika pleci jantan memiliki bentuk kepala yang besar dan bulat, pada pleci betina sebaliknya. Pleci betina memiliki bentuk kepala yang lebih kecil dan juga lebih ramping. Sangat cocok untuk bentuk fisik seekor betina.

Baca juga: Cara merawat burung pleci

4. Dari Segi Matanya

Bentuk mata burung pleci jantan dan betina

Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan cara yang lebih mudah untuk mengetahui perbedaan pleci jantan dan betina dari segi matanya. Karena perbedaan ini sangat mencolok sehingga siapa saja dapat melihatnya dengan mudah. Pleci jantan memiliki lingkaran mata putih yang terputus-putus dan tidak terlalu tebal. Sebaliknya, pleci jantan memiliki lingkaran mata atau klep yang tebal dan menyambung.

5. Tekstur Paruh

Jika Anda meraba bagian paruhnya, akan terlihat perbedaan antara pleci jantan dan betina. Pleci jantan tekstur paruhnya lebih kasar. Sedangkan pleci betina tekstur paruhnya lebih halus dan mulus.

6. Bentuk Paruh

Bentuk paruh burung pleci

Selain dari tekstur paruhnya, bentuk paruh pleci juga berbeda untuk tiap jenis kelamin pleci. Bentuk paruh pleci jantan terkesan tebal dan pendek. Sedangkan bentuk paruh pleci betina terkesan panjang dan tidak setebal pleci jantan.

7. Postur Tubuh

Cara mudah lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan memperhatikan postur tubuhnya. Pada pleci jantan, postur tubuhnya lebih panjang dan juga ramping. Sedangkan pada pleci betina, terkesan bulat dan berisi dengan ukuran tubuh yang lebih pendek.

8. Warna Bulu

Selanjtunya, perbedaan pleci jantan dan betina dapat dilihat dari warna bulunya. Warna bulu pleci jantan lebih mencolok, cerah, dan menarik perhatian. Sedangkan betinanya, memiliki warna bulu yang kusam dan tidak menarik perhatian.

9. Dubur atau Pen

Dubur atau pen pada pleci jantan bentuknya lebih panjang. Sebaliknya, dubur pada pleci betina cenderung lebih pendek.

10. Bulu Di Sekitar Dubur

Bulu di sekitar dubur burung pleci

Selain itu, bulu di sekitar dubur pleci jantan lebih rimbun atau banyak. Jika Anda memperhatikan dubur pleci betina, di sana hanya ada beberapa helai bulu saja.

11. Suara Kicauan

Suara kicau burung pleci adalah aset yang berharga bagi pecinta burung kicau. Sebab, inilah yang dijadikan sebagai modal utama untuk mengikuti lomba. Jangan sampai Anda salah dalam memilih jenis kelamin burung pleci karena sangat mempengaruhi suara kicaunya.

Jika Anda ingin mengikutkannya ke dalam ajang perlombaan, pleci jantan adalah pilihan terbaik. Karena suara kicauannya lebih nyaring. Sedangkan pleci betina lebih lirih dan tidak jernih. Namun, untuk mengetahui jenis kelamin pleci dari segi suaranya membutuhkan jam terbang yang tinggi. Sebab, cara ini sangat memungkinkan bagi Anda yang sudah terbiasa mendengar suara burung pleci. Jika Anda masih pemula, tidak disarankan untuk menggunakan cara ini.

12. Dari Gerakannya

Pleci jantan dan betina memiliki karakteristik yang berbeda. Hal itu dapat dilihat dari gerakannya. Jika gerakannya lincah, sudah bisa dipastikan itu adalah pleci jantan. Pleci jantan juga suka bertarung jika diletakkan di kandang umbaran bersama dengan pleci lainnya. Namun, jika burung Anda terlihat pendiam dan tidak terlalu lincah, maka itu adalah pleci betina. Pleci betina tidak suka bertengkar meskipun dimasukkan ke dalam kandang umbaran bersama dengan pleci lain.

13. Menggunakan Semprotan Air

Saat Anda sedang memandikan pleci, Anda dapat memperhatikan perubahan yang terjadi pada bagian pupil dan juga jambulnya. Jika saat disemprot air bagian jambul dan pupil matanya mengecil, sudah dipastikan jika itu adalah pleci jantan. Sebab, pada pleci betina tidak menunjukkan tanda-tanda demikian.

14. Supit Urang

Kemudian, mengetahui perbedaan pleci jantan dan betina dari supit urangnya. Jika diraba menggunakan tangan, supit urang pada pleci jantan akan telihat rapat. Sebaliknya supit urang pada pleci betina sedikit terbuka dan melebar.

15. Warna Tenggorokan

Terakhir, Anda dapat mengeceknya dari warna tenggorokan. Pada pleci jantan, warna tenggorokannya adalah hitam. Sedangkan pleci betina merah muda.

Baca juga: Cara membedakan kenari jantan dan betina

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina

Perbedaan burung pleci jantan dan betina

Jika disimpulkan, perbedaan pleci jantan dan betina dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Ciri-Ciri PleciJantanBetina
Ukuran EkorLebih panjangLebih pendek
Bentuk EkorMembentuk huruf “V”Bentuknya datar
Bentuk KepalaBesar dan bulatKecil dan ramping
MataLingkaran putih terputus-putus dan tidak terlalu tebalLingkaran putih menyambung dan tebal
Tekstur ParuhKasarHalus
Bentuk ParuhTebal dan pendekTipis dan panjang
Postur TubuhPanjang dan rampingBulat dan berisi
Warna BuluMencolok, cerah, dan menarik perhatianKusam dan tidak menarik perhatian
Dubur atau PenPanjangPendek
Bulu Pada DuburRimbunBeberapa helai
Suara KicauNyaringLirih
GerakanLincah dan suka bertarungPendiam dan tidak suka bertarung
Menggunakan Semprotan AirJambul dan pupil mata mengecilJambul dan pupil mata tidak mengecil
Supit UrangRapatTerbuka dan melebar
Warna TenggorokanHitamMerah muda

Nah, itu dia 15 cara membedakan burung pleci jantan dan betina lengkap. Semakin sering Anda belajar, akan semakin mudah bagi Anda untuk membedakan jenis kelaminnya. Jadi, cara mana yang paling mudah bagi Anda?

Tinggalkan komentar