Cara Membedakan Jalak Suren Jantan Dan Betina

Bismillahirrahmanirrahim, Cara membedakan jalak suren jantan dan betinaJalak suren merupakan salah satu jenis burung kicau yang semakin hari semakin meroket popularitasnya. Burung kicau yang memiliki ciri khas bulu berwarna hitam dan putih ini memiliki keistimewaan tersendiri. Selain dapat berkicau dengan merdu, burung jalak suren juga mampu menirukan suara gacoan burung lain bahkan suara manusia. Tak jarang jika banyak yang mencari burung jalak suren ini meskipun dengan harga yang fantastis.

Keistimewaannya dalam berkicau membuat burung jalak suren dapat dengan mudah menemukan arena pertandingan gantangan. Bagi para pecinta burung yang memiliki jalak suren, menjaga kualitas kicauan burung merupakan hal yang sangat penting. Selain dapat bertanding ketika menjadi burung peliharaan, keberadaan jalak suren di alam bebas juga mampu membantu dan memberikan keuntungan bagi manusia.

Ketika masuk masa panen, keberadaan jalak suren di area persawahan membantu para petani untuk mengusir hama. Jalak suren memburu makanan berupa hama dari area persawahan, melalui kicauan yang saling bersautan, para petani dapat mengetahui lokasi para hama berada. Namun, kicauan yang bersautan dari para jalak suren juga memberikan petunjuk mengenai jenis kelamin dari jalak suren tersebut. Cara membedakan jalak suren jantan dan betina secara umum dapat diketahui melalui kicauannya. Jalak suren jantan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi daripada jalak suren betina.

Selain perbedaan suara kicauan pada jalak suren, beberapa hal yang dapat dilihat untukmembedakan jalak suren jantan dan betina, ialah sebagai berikut:

Cara Membedakan Jalak Suren Jantan Dan Betina Lengkap

Cara membedakan jalak suren jantan dan betina

Untuk memudahkan para pecinta burung jalak suren dalam memilih jalak suren yang diinginkan, ada baiknya jika terlebih dahulu memutuskan jenis kelamin apa yang diinginkan. Jika ingin jalak suren yang bisa digunakan dalam kompetisi dan perlombaan, maka lebih baik jika memilih jalak suren jantan. Namun, jika ingin jalak suren yang hanya menghiasi rumah dan menjadi indukan jalak suren lainnya, maka lebih baik memilih jalak suren jantan. Tentunya, untuk mendapatkan jalak suren anakan, jalak suren dewasa yang dimiliki harus satu pasang.

Meskipun mungkin akan sedikit sulit untuk membedakannya bagi para pecinta burung jalak suren pemula. Namun, jika dilihat secara teliti dan terus menerus, perbedaan diantara kedua jenis kelamin burung jalak suren ini pasti akan terlihat. Sama halnya dengan cara membedakan jalak suren jantan dan betina anakan yang mungkin akan lebih sulit dan memerlukan ketelitian yang lebih. Karena meskipun pada dasarnya cara membedakan jalak suren jantan dan betina dapat dilihat dari fisiknya, ketelitian pada aspek lain pun perlu diperhatikan agar para pecinta burung jalak suren tidak salah memilih jenis kelamin yang diinginkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aspek-aspek apa saja yang harus diperhatikan dalam membedakan jalak suren jantan dan betina, di bawah ialah ciri-ciri jalak suren jantan dan ciri-ciri jalak suren betina.

Baca juga: Cara membedakan burung pleci jantan dan betina

Ciri-Ciri Jalak Suren Jantan

Ciri ciri jalak suren jantan

Meskipun terlihat sama, namun ternyata burung jalak suren pun mempunyai ciri-ciri tersendiri yang dapat menjadi perbedaan antara jalak suren jantan dan betina. Berbagai aspek yang menjadi ciri jalak suren jantan dan betina harus diperhatikan. Terlebih jika burung jalak suren yang hendak dipelihara akan dijadikan burung kontes yang mengikuti kompetisi. Biasanya, jalak suren yang dipakai untuk lomba ialah jalak suren jantan. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi ciri dari jalak suren jantan, berikut ini informasinya:

  • Bentuk tubuh burung jalak suren jantan cenderung memiliki bentuk yang lebih panjang dan terlihat lonjong.
  • Ukuran tubuh burung jalak suren jantan lebih besar dengan postur yang gagah dan tegap.
  • Kepala burung jalak suren jantan juga memiliki ukuran yang lebih besar dan bulat.
  • Paruh yang dimiliki burung jalak suren jantan lebih panjang dan kokoh.
  • Kulit mata burung jalak suren jantan terlihat lebih cerah dan jelas.
  • Bulu dibagian kepala, dada, dan punggung burung jalak suren jantan memiliki warna hitam yang mengkilap.
  • Ekor burung jalak suren yang panjang akan terlihat lebih panjang dan menyatu rapi pada burung jalak suren jantan.
  • Bulu berwarna putih bersih terlihat jelas pada bagian tubuh bawah burung jalak suren jantan.
  • Jambul di kepala burung jalak suren jantan terlihat panjang dan akan melebar saat mengembang.
  • Kaki yang panjang dan kokoh pada burung jalak suren jantan juga menjadi salah aspek yang dapat dilihat sebagai cara membedakan jalak suren jantan dan betina.
  • Ciri khas paling ampuh yaitu suara kicauan gacoan burung jalak suren jantan yang lebih lantang dan bervariasi.
  • Memiliki sikap yang cenderung agresif.

Ketika memasuki usia 7 bulan, burung jalak suren jantan akan memiliki tanda berwarna hitam atau biru pada bagian kloaka. Cara membedakan jalak suren jantan dan betina trotolan tidak bisa diterapkan untuk aspek yang satu ini, karena jalak suren yang belum dewasa atau belum memiliki birahi tidak memiliki tanda warna biru atau hitam di bagian kloakanya.

Ciri-Ciri Jalak Suren Betina

Ciri ciri jalak suren betina

Sama halnya dengan jalak suren jantan, jalak suren betina pun memiliki ciri-cirinya tersendiri yang dapat menjadi aspek untuk membedakan jalak suren jantan dan betina. Jika jalak suren jantan dikembangkan sebagai jalak suren yang mampu memenangkan kompetisi, maka jalak suren betina dapat dijadikan sebagai peluang untuk membudidayakan atau memperbanyak jalak suren lainnya. Jalak suren betina dapat menjadi induk jalak suren yang didapatkan melalui cara perkawinan. Untuk mengetahui apa saja yang menjadi ciri dari jalak suren betina, berikut ini informasinya:

Baca juga: Cara membedakan kenari jantan dan betina

  • Jika jalak suren jantan memiliki ukuran kepala yang besar dan bulat, burung jalak suren betina memiliki bentuk kepala yang ramping dan terlihat lebih kecil.
  • Sama seperti bentuk kepalanya yang terlihat lebih kecil dari jalak suren jantan, burung jalak suren betina juga memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.
  • Paruh yang dimiliki burung jalak suren betina pun lebih kecil dan pendek.
  • Warna bulu hitam dan putih yang melekat pada tubuh burung jalak suren betina terlihat tampak kusam dan tidak begitu cerah atau pekat.
  • Bulu putih pada bagian bawah tubuh burung jalak suren betina tidak sebersih jalak suren jantan.
  • Jari-jari kaki burung jalak suren betina lebih pendek daripada jalak suren jantan.
  • Kulit bagian atas burung jalak suren betina tampak pucat dan terlihat seperti memudar.
  • Tidak seperti jalak suren jantan yang memiliki ekor panjang dan menyatu, burung jalak suren betina memiliki ekor yang pendek dan halus seperti tidak terlihat celah garisnya.
  • Jambul burung jalak suren betina lebih pendek dan tidak akan melebar saat mengembang.
  • Cara membedakan jalak suren jantan dan betina yang mencolok yaitu suara kicauan burung jalak suren betina yang melengking tinggi dan tidak bervariasi.
  • Memiliki sikap yang cenderung tenang.

Setelah mengetahui semua ciri ciri yang dapat menentukan cara membedakan jalak suren jantan dan betina dari Alam Burung, pasti akan lebih mudah bagi para pecinta burung jalak suren untuk memilih dan menentukan sendiri jalak suren yang diinginkan. Kira-kira, jalak suren mana yang Anda inginkan?

Tinggalkan komentar