Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Bismillahirrahmanirrahim, Burung kenari atau Serinus Canaria merupakan salah satu burung yang memilliki suara merdu dan daya tariknya patut dipertimbangkan. Burung yang memiliki keunikan fisik ini memiliki harga yang cukup tinggi, meskipun begitu peminat jenis burung ini banyak diminati sebagai hewan peliharaan, diternak dan ajang perlombaan.

Jika kamu ingin memelihara burung kenari Anda harus memiliki pengetahuan tentang burung jenis ini, mulai dari cara membedakan kenari jantan dan betina, pakan, dan lain lain. Syarat-syarat dasar yang harus diperhatikan adalah membedakan burung kenari jantan dan betina

Jika Anda telah menguasai ilmu dasar, dengan begitu Anda bisa membuka peluang usaha yang menjanjinkan karena nilai harga burung ini yang cukup mahal dan tingginya minat masyarakat.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Sebagai pemula mungkin cara membedakan kenari jantan dan betina bisa dengan melihat dari berbagai sudut pandang, secara fisik misalnya, tingkah laku dan suara kicauannya. Seperti kenari jantan umumnya memiliki bulu yang lebih mencolok, suara yang lebih nyaring daripada kenari betina, tidak ada yang salah dengan cara tersebut, tetapi lebih baiknya Anda mencari perbedaan kenari jantan dan betina yang lebih spesifik agar lebih yakin dalam membedakan burung jenis ini.

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Secara Fisik

Cara membedakan kenari jantan dan betina anakan

Jika dibedakan dengan mata telanjang dari segi fisiknya, kenari lebih mudah dibedakan daripada burung jenis lainnya, cukup perhatikan saat kedua burung ini bertengger pada dahan, sang jantan biasanya memiliki badan yang tegap dan gagah sesuai jenis kelaminnya.

Sedangkan ciri fisik sang betina berbanding terbalik dengan sang jantan ia memiliki tubuh yang besar dan tidak tegap. Bukan hanya itu ada beberapa cara membedakan kenari jantan dan betina secara fisik, yaitu;

1. Bentuk Kaki dan Selangkangan

Jika diperhatikan secara seksama kaki dari burung kenari saat bertengger itu berbeda, burung kenari jantan biasanya memiliki kaki yang tegas dan besar, beda dengan betina yang memiliki kaki yang kecil saja. Lalu, pada bagian selangkangan yang dimiliki oleh burung kenari jantan biasanya terlihat lebih rapat, berbeda sekali dari selangkangan burung kenari betina yang agak lebih terbuka.

2. Bentuk Kepala

Kenari jantan memiliki bentuk kepala yang bulat pada usia muda, namun saat beranjak dewasa kepala kenari jantan akan terlihat lebih pipih, sebaliknya dengan kenari betina, kepala kenari betina pada usia muda akan terlihat pipih lalu saat ia beranjak dewasa kepala kenari betina akan terlihat lebih bulat.

3. Mata Memiliki Garis Sejajar Dengan Paruh

Kalian bisa perhatikan bagaimana paruh burung kenari jantan, jika ditarik garis lurus antara mata dan paruh biasanya sang jantan akan sejajar. Beda dengan sang betina, kebanyakan dari mereka antara paruh dan mata tidak simetris dan cenderung mata dari betina ini akan lebih tinggi sedikit dari garis paruhnya.

4. Bentuk Wajah

Pejantan biasanya akan terlihat lebih sangar dan garang sesuai jenis kelaminnya, begitu pula dengan burung kenari jantan, ia memiliki ekspresi wajah yang garang dan sangar. Berbeda daripada sang betina yang memiliki ekspresi wajah layaknya wanita yang kalem, dan cantik

5. Karakter Tulang Belakang

Beberapa dari mereka mungkin tidak memperhatikan bagaimana perbedaaan jenis burung kenari dari tulang belakangnya. Bisa dikatakan bahwa sebenarnya tulang dari kedua burung ini tidak ada bedanya, atau sama saja.

Namun bila diperhatikan dengan teliti, ada perbedaan bentuk warna diantara keduanya, yaitu sang jantan yang mempunyai warna yang lebih dominan dan pekat pada tulang belakangnya dan terlihat memanjang sedangkan kenari betina hanya memiliki warna yang pekat saja dan tak memanjang.

6. Bentuk Dubur (Kloaka)

Mereka yang memiliki kecintaan terhadap burung berkata salah satu cara termudah untuk membedakan jenis kelamin, yaitu dengan melihat bentuk kloaka dari burung kenari jantan dan betina. Bentuk kloaka dari pejantan akan terlihat lebih menonjol sedangkan dari betina sendiri bentuk kloakanya terlihat sejajar dengan kulit atau bisa dikatakan datar.

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Anakan

Meski baru beberapa hari menetas anak burung kenari bisa dibedakan loh, walaupun kenari dewasa lebih mudah untuk dibedakan tidak menutup kemungkinan anakan kenari bisa dibedakan juga walau agak sedikit sulit, karena organ tubuh anakan burung kenari belum tumbuh secara sempurna. Adapun cara membedakan kenari jantan dan betina anakan adalah sebagai berikut:

1. Fisik Kenari Menginjak Usia 3-7 Hari

Walaupun sebenarnya membedakan burung kenari itu lebih gampang saat menginjak usia dewasa, tapi tidak menutup kemungkinan ada ciri khusus untuk burung kenari dibedakan saat masih kecil (3-7 hari). Jika ada garis merah yang melintang dari bawah perut sampai ke bagian belakang (kloaka) burung kenari, itu ciri khusus dari sang pejantan.

Sedangkan jika tidak ada, berarti itu merupakan burung kenari yang berjenis kelamin betina, asal kamu tahu garis merah tersebut adalah pembuluh vena di tubuh burung kenari.

2. Warna Bulu

Untuk anakan pejantan dari burung kenari biasanya mempunyai bulu pada kepalanya terliha lebih cerah dibandingkan dengan anakan kenari betina yang terlihat lebih kusam.

3. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh burung kenari yang masih di dalam sarang dan masih diurus oleh induknya memiliki ukuran yang berbeda, yang dimana anakan burung kenari jantan akan terlihat lebih besar daripada betina, sebab nafsu makan dari pejantan lebih tinggi.

4. Perhatikan Kicauannya

Jika sudah terpisah dari induknya, anakan kenari jantan biasanya lebih cenderung ngeriwik (belajar berkicau), walaupun masih terdengar belum jelas dan lantang, sedangkan untuk anakan kenari betina lebih banyak diamnya.

5. Bentuk Kloakanya

Bentuk kloaka juga bisa diperhatikan saat burung kenari masih berusia harian, anakan burung kenari jantan memiliki bentuk kloaka yang menonjol dan tegak lurus, sedangkan anakan kenari betina memiliki bentuk kloaka yang datar.

6. Dengan Pendulum

Ada beberapa orang yang telah berpengalaman dalam membedakan jenis kelamin burung khususnya burung kenari dengan metode pendulum. Pendulum merupakan alat yang terbuat dari benang dan jarum jahit, caranya mudah, kamu tinggal masukkan benang ke dalam jarum jahit lalau gantung di atas kloaka kenari, metode ini juga harus pada ruangan tertutup yang artinya tidak ada benda dan angin disekitarnya.

Pastikan jarum yang digantung di atas kloaka kenari itu benar, jika jarum bergerak ke kiri dan ke kanan, maka bisa dipastikan anakan kenari tersebut adalah pejantan, metode ini butuh ketelitian juga kesabaran dalam melakukannya.

Oke, demikianlah informasi tentang bagaimana cara membedakan kenari jantan dan betina dari Alam Burung, yang bisa kalian amati dari segi fisik, semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengenali jenis kelamin betina dan pejantan juga semoga artikel ini bisa menjadi salah satu alasan kamu ingin memelihara atau membeli burung kenari.

Tinggalkan komentar