Cara Menjinakan Burung Hantu

Bismillahirrahmanirrahim, Burung hantu merupakan jenis burung yang memiliki sifat nokturnal dan biasa bertengger di sebuah pohon. Meski begitu, burung hantu memiliki sifat yang agresif dan sulit untuk diajak berinteraksi. Seekor burung hantu yang liar biasanya akan sangat galak dan sulit untuk dipelihara. Meski begitu, masih banyak pecinta burung yang ingin memelihara dan menjinakan burung hantu.

Cara Menjinakan Burung Hantu Galak dan Liar

Cara menjinakan burung hantu liar dan galak

Pada umumnya, setiap jenis burung dapat dijinakan dan diajak berteman, namun setiap jenis burung memiliki cara tersendiri agar dapat dengan mudah dijinakan. Berikut ialah 16 cara menjinakan burung hantu yang dijamin ampuh:

1. Mempersiapkan Peralatan Untuk Menjinakan Burung Hantu

Karena sifat burung hantu yang agresif dan cenderung galak, beberapa peralatan di bawah ini dapat membantu agar terhindar dari luka serius.

  • Sarung tangan khusus burung hantu,
  • Perch atau tangkringan untuk bertengger,
  • Alat siulan,
  • Rantai atau tali yang dibuat untuk mengikat kaki burung hantu,
  • Semprotan khusus burung hantu,
  • Makanan favorit burung hantu.

2. Cara Mengatasi Burung Hantu yang Masih Batting

Insting burung hantu yang kuat biasanya akan segera berfungsi ketika si burung didekati oleh manusia yang belum ia kenali secara perlahan. Maksud dari kata batting ialah perilaku burung hantu yang mencoba untuk melarikan diri seperti terbang dan meloncat jauh ketika didekati oleh manusia. Untuk mengatasi perilaku burung hantu yang seperti itu, sebaiknya burung hantu diletakkan di dalam kardus untuk beberapa hari. Hal ini dilakukan agar burung hantu tidak menjauh ketika didekati manusia.

3. Memandikan Burung Hantu Setiap Pagi Hari

Konon katanya, para pecinta burung meyakini bahwa dengan cara memandikan burung hantu setiap pagi, maka sifat galaknya akan hilang secara perlahan. Selain itu, ketika sedang dimandikan, burung hantu akan merasa lebih dekat dengan pemiliknya. Cara memandikan burung hantu sama seperti jenis burung lainnya. Cukup dengan disemprot secara halus dan jangan sampai mengenai bagian matanya.

Tidak hanya untuk burung hantu dewasa, namun memandikan burung hantu agar menjadi jinak merupakan salah satu cara menjinakan burung hantu celepuk.

4. Menganggap Burung Hantu Sebagai Teman Sendiri

Layaknya seekor peliharaan yang akan menjadi teman sepanjang hari, untuk menjinakan burung hantu pun diperlukan perasaan seperti menjadikannya sebagai teman. Mengajak burung hantu mengobrol, belajar, bermain, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa dilakukan dengan mengajak burung hantu ikut serta.

5. Memberi Pakan Terbaik

Peliharaan yang baik tentunya ialah peliharaan yang mendapatkan pakan terbaik dari pemiliknya. Seekor burung hantu akan lebih cepat merasa sedang dimiliki atau menjadi jinak ketika dengan rutin diberikan pangan terbaik atau kesukaannya.

Baca juga: Makanan burung hantu terbaik

6. Jangan Lupa Memakai Sarung Tangan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk memberikan rasa nyaman terhadap si burung hantu, sebaiknya selalu memakai sarung tangan ketika hendak memberi makan atau bermain-main bersama burung hantu.

7. Membiasakan Burung Hantu Dengan Lingkungan Barunya

Burung hantu yang sudah dewasa biasanya akan lebih sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Meskipun sudah dimasukkan ke dalam kardus agar tidak batting lagi, namun proses adaptasi burung hantu di lingkungan barunya harus selalu diawasi. Hal ini dilakukan agar burung hantu segera merasa nyaman dan terbiasa dengan kehadiran manusia di sekitarnya.

8. Memberikan Nama Kepada Burung Hantu

Seperti hewan peliharaan pada umumnya, seekor burung hantu pun perlu diberikan nama. Pemberian nama ini bertujuan agar burung hantu dapat lebih merasakan perhatian sang pemilik terhadap dirinya. Setelah diberi nama, panggil namanya sesering mungkin agar burung hantu ingat dan merasa nyaman dengan namanya.

9. Pendekatan Setiap Malam

Karena karakteristik burung hantu yang nokturnal, membuat burung hantu lebih aktif saat malam hari. Pada saat itulah, berinteraksi dengan burung hantu akan lebih efektif. Mendekati burung hantu dengan cara memanggil namanya atau mengajaknya berbicara dapat menjadi cara menjinakan burung hantu yang efektif.

Sebetulnya, interaksi dengan burung hantu bisa dilakukan kapan saja. Namun, mengingat burung hantu yang aktif di malam hari, setidaknya biasakan untuk berinteraksi dengan burung hantu pada malam hari selama 1 jam atau lebih.

10. Tidak Meletakkan Burung Hantu Di Dalam Sangkar

Salah satu faktor penyebab burung hantu sulit untuk dijinakkan yaitu karena burung hantu dimasukan ke dalam sangkar sepanjang hari. Terlebih jika burung hantu tersebut ialah burung hantu dewasa, akan semakin sulit untuk menjinakannya jika diletakkan di dalam sangkar.

Cara menjinakan burung hantu celepuk pun sama, jangan meletakkan burung hantu celepuk di dalam sangkar. Ketika burung hantu dipelihara, memberikan kebebasan kepada burung hantu seperti tidak mengurungnya di dalam sangkar ialah salah satu cara terbaik untuk menjinakan burung hantu.

11. Membiarkan Burung Hantu Bertengger Di Tangkringan

Karena burung hantu tidak boleh dikurung di dalam sangkar, itu sebabnya penting bagi para pecinta burung hantu yang ingin tahu cara menjinakan burung hantu galak atau cara menjinakan burung hantu liar dengan cara menyediakan tangkringan.

Tangkringan berfungsi sebagai tempat bagi burung hantu untuk bertengger. Selain untuk merasakan kebebasan, ketika burung hantu diletakkan di atas tangkringan, pemiliknya akan dengan mudah untuk mengelus kepala si burung hantu ataupun berinteraksi langsung dengan burung hantu.

12. Melatih Burung Hantu

Ketika burung hantu sudah lebih merasa nyaman dan tidak takut ketika melihat manusia, pemilik burung hantu dapat melatih burung hantu agar lebih jinak dan nurut. Salah satu caranya yaitu dengan memberi makan secara langsung, menaruh makanan si burung hantu pada telapak tangan kita. Namun, selalu ingat untuk memakai sarung tangan.

13. Melatih Burung Hantu Di Tempat Yang Lebih Tinggi

Setelah berhasil untuk melatihnya memakan makanan yang ada di telapak tangan kita, cobalah untuk melatihnya dengan cara meletakkan burung hantu bertengger lebih tinggi dari kita. Lalu, panggil namanya dan biarkan dia memakan makanan yang ada di telapak tangan kita.

14. Melatih Burung Hantu Dengan Bersiul

Seekor burung hantu bisa diajak berinteraksi dengan cara mengajaknya bersiul bersama. Meskipun tidak saling paham, namun burung hantu akan merasakan kedekatan diantara pemilik dan dirinya. Jika tidak bisa bersiul, maka dapat menggunakan alat siulan atau sempritan.

15. Memberi Makan Setelah Berlatih

Bukan hanya manusia yang ingin diberi penghargaan atas kerja kerasnya. Burung hantu pun mengharapkan hal seperti itu setelah merasa lelah berlatih. Berilah makanan atau cemilan untuk mengapresiasi kerja keras burung hantu setiap selesai berlatih.

16.  Menjauhkan Burung Hantu Dari Jenis Burung Lainnya

Burung hantu memiliki sifat yang pada dasarnya agresif, oleh karena itu burung hantu harus dijauhkan dari jenis burung lainnya atau hewan lain. Jika mereka hidup dalam wilayan teritori yang sama, kemungkinan burung hantu akan bertengkar dan semakin galak bisa saja terjadi.

Di atas ialah 16 cara menjinakan burung hantu, memang sedikit ribet namun setara dengan keunikan burung hantu itu sendiri. Apakah Anda tertarik?

Tinggalkan komentar