Cara Merawat Burung Kacer

Bismillahirrahmanirrahim, Burung kacer adalah jenis burung kicau hias yang kini sangat digemari di kalangan para pecinta burung. Keunikan dan kemerduan suaranya bisa dibandingkan atau disetarakan dengan burung lovebird atau bahkan burung kenari. Burung yang memiliki nama latin Copsychus Saularis ini memiliki ciri fisik warna hitam dan putih yang mendominasi pada morfologi tubuhnya.

Cara Merawat Burung Kacer Biar Gacor dan Ngeplong

Merawat burung kenari agar cepat bunyi

Karena kicauannya, burung kacer kini sudah dijadikan burung kontes atau burung yang biasa dilombakan. Untuk mendapatkan burung kacer yang gacor dengan suara indah tentu saja diperlukan perlakuan serta perawatan khusus. Berikut ini merupakan 12 cara merawat burung kacer lengkap untuk pemula yang harus kamu ketahui:

1. Pemberian Pakan Utama dan Tambahan (Extra Food)

Cara merawat burung kacer yang pertama dan yang paling umum adalah pemberian pakan. Pakan burung kacer ternyata dapat membuat burung kacer rajin bunyi dan cepat gacor. Sebagaimana yang telah kita ketahui burung kacer memakan pur (makanan unggas secara umum). Namun agar lebih cepat gacor, kamu juga bisa memberi makanan tambahan pada burung kacer berupa kroto, ulat hongkong, cacing dan bahkan jangkrik.

Untuk pemberian makanan tambahan berupa jangkrik, kamu harus memperhatikan porsinya. Berikanlah secara berkala namun bertahap dan sedikit demi sedikit setiap harinya agar burung kacer tidak bosan. Jangkrik yang diberikanpun harus dalam kondisi sudah bersih dari kepala dan kakinya.

Baca juga: Cara merawat burung kenari

2. Memandikan Burung Kacer

Perawatan burung kacer dengan dimandikan

Berikutnya adalah memandikan burung kacer. Kamu bisa memandikan burung kacer pada pagi hari. Akan lebih baik ketika kamu sudah melakukan pengembunan sebelumnya. Kisaran waktu terbaik untuk memandikan burung kacer pada pagi hari adalah sekitar pukul 06.30 (paling pagi).

Untuk memandikan burung kacer, ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu menyediakan wadah mandi di dalam kandang atau menggunakan semprotan atau hairspray. Lakukanlah metode yang sesuai dengan burung kacer yang kamu pelihara agar burung kacer tidak takut saat dimandikan.

3. Melakukan Pengumbaran

Selanjutnya, yang dilakukan untuk cara merawat burung kacer cepat gacor adalah pengumbaran. Yang dimaksud pengumbaran ini adalah melepaskan burung kacer ke dalam kandang umbaran. Dengan cara ini burung kacer akan lebih banyak bergerak dan memiliki kondisi tubuh yang fit. Waktu yang diperlukan untuk pengumbaran inipun tidak terlalu lama, hanya berkisar 10 menit.

Namun, apabila diperlukan kamu juga bisa menambah durasi waktunya. Pengumbaran ini dilakukan agar sesekali burung kacer merasa lebih bebas dan tidak terkekang. Hal ini juga baik dilakukan untuk meningkatkan birahi pada burung kacer.

4. Menjemur Burung Kacer

Setelah dimandikan, burung kacer juga perlu dijemur agar terkena cukup cahaya matahari. Cahaya matahari akan membuat tubuh burung kacer lebih bugar dan segar. Lakukanlah hal ini secara rutin dan berkala pada kisaran waktu sekitar pukul 08.00-11.00, ketika matahari belum terlalu terik.

Akan tetapi pada saat penjemuran kamu juga perlu memperhatikan agar di sekitar kandang burung tidak ada hewan lain, seperti kucing. Karena hal ini akan membuat burung kacer takut dan stres.

5. Melakukan Pengembunan Dengan Rutin

Lakukanlah pengembunan pada burung kacer secara rutin pada waktu dini hari (waktu terbaik berkisar antara pukul 03.00-05.00). Kamu bisa melakukannya dengan cara mengangin-anginkan burung kacer dengan membuka kerodong sebagian/penuh. Suhu udara pada waktu dini hari akan membantu burung kacer memiliki daya tahan tubuh dan stamina yang baik, apalagi jika dipersiapkan untuk lomba dan kontes.

Baca juga: Cara merawat burung kacer mabung

6. Menggunakan Kerodong

Tidak hanya kandang, terkadang beberapa jenis burung tertentu memerlukan kerodong. Kerodong dalam hal ini adalah kain atau selimut yang menutupi kandang. Kerodong sangat berfungsi untuk memberikan ketenangan serta kenyamanan pada burung kacer.

Apabila suhu udara terlalu dingin dan terdapat jenis burung lainnya, kerodong dapat dijadikan solusi untuk melindungi burung kacermu dengan baik. Kamu bisa membuka kerodong sebagian juga pada saat proses pengembunan agar suhunya tidak terlalu rendah.

7. Membersihkan Kandang Burutng Kacer Secara Berkala

Sama seperti perlakuan pada burung kicau hias lainnya. Pembersihan kandang juga sangat penting dilakukan dalam merawat burung kacer biar gacor. Kondisi kandang yang bersih akan menunjang daya tahan tubuh burung kacer sehingga suara yang dihasilkan lebih bagus dan berkualitas. Lakukankan pembersihan kandang secara rutin dan berkala, serta pastikan kotoran burung tidak mengontaminasi makanan dan minuman yang ada di dalam kandang.

8. Melakukan Pemasteran

Membuat burung kacer cepat gacor dan ngeplong dengan pemasteran

Untuk menghasilkan suara gacor dan ngeplong, burung kacer harus dimasterkan. Dalam hal ini kamu harus sering memperdengarkan suara burung master pada burung kacer (bisa melalui mp3 atau jenis audio lainnya). Biasanya, waktu terbaik untuk pemasteran adalah pada pagi dan sore hari. Lakukan hal ini secara rutin agar burung kacer meniru suara master dan sering bunyi.

9. Bertanding Dengan Burung Jenis Lain

Latihan mental dan pertandingan dengan jenis burung kicau lainnya juga akan memacu burung kacer untuk bersuara lebih merdu dan cepat gacor. Apabila kamu juga memelihara jenis burung lainnya seperti kenari dan lovebird, kamu bisa melatih burung kacer sesekali untuk adu suara. Semakin sering burung kacermu berlatih maka akan semakin mahir dan bagus suara yang dihasilkan.

10. Memberikan Lingkungan Yang Tepat Untuk Burung Kacer

Kondisi lingkungan yang baik bagi burung kacer adalah kondisi yang tenang bahkan sunyi. Hal ini sangat mendukung agar burung kacer yang kamu pelihara tidak mudah stres dan sakit. Selain itu hewan pemangsa seperti kucing dan tikus juga bisa membuat burung kacer stres dan takut. Maka dari itu, jauhkan pula kandang burung kacer dari hewan-hewan tersebut. Mental dan kondisi yang nyaman akan membuat burung kacer lebih gampang gacor.

11. Membawa Burung Kacer ke Keramaian

Selanjutnya adalah cara merawat burung kacer agar mental burung kacer dapat terlatih. Sesekali, bawalah burung kacer yang kamu pelihara ke tempat-tempat yang ramai agar burung kacer dapat beradaptasi dengan baik dan tetap bunyi dalam suasana yang bising sekalipun. Hal ini dimaksudkan agar ketika dihadapkan pada perlombaan atau kontes yang ramai, burung kacer sudah kuat mental dan tetap bisa berbunyi dengan baik. Kamu juga bisa membawanya ke alam terbuka seperti hutan, gunung, atau sawah.

12. Menjinakkan Burung Kacer

Cara merawat burung kacer supaya gacor yang terakhir adalah membuat burung kacer menjadi jinak. Jika burung kacer sudah jinak, maka burung kacer akan lebih bahagia sehingga mudah untuk bunyi. Lakukanlah perlakuan yang membuat burung kacer menurut seperti dielus-elus, diberi panggilan khusus dan melakukan kegiatan tenang bersama. Dengan begitu suasana hati burung kacer akan lebih tenang dan akan sering bunyi apabila dipancing.

Ternyata sangat mudah dilakukan bukan? Itulah 12 cara perawatan burung kacer agar bisa cepat gacor dan memenangkan lomba. Dengan cara perawatan yang tepat, kamu bisa memelihara burung kacer dengan baik dan memastikan burung kacer tetap sehat serta bugar. Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Kucica_kampung

Tinggalkan komentar