Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Bismillahirrahmanirrahim, Burung kacer atau kucica kampung ialah jenis burung kicau yang memiliki tubuh mungil. Warna bulu yang dimiliki burung kacer sangat lah cantik dan terkesan elegan, bagian atas burung kacer berwarna hitam. Sedangkan kedua sayapnya masing-masing memiliki semacam garis berwarna putih yang mencolok. Bagian dada dan bawah ekornya berwarna abu-abu. Ekor burung kacer melintang panjang melebihi badan burung kacer itu sendiri.

Burung kacer yang bisa dikatakan banyak diburu oleh para pecinta burung, kini menjadi langka. Hal ini dikarenakan banyaknya penangkapan burung kacer dan menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem untuk burung kacer.

Kebiasaan burung kacer untuk mencari makan di pohon kelapa, randu, pisang atau pohon ranting kering, membuat burung kacer sering ditemukan di wilayah pemukiman. Meski begitu, pada habitatnya, burung kacer merupakan jenis burung yang tinggal di wilayah dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Burung kacer pun termasuk burung yang penyendiri, namun akan selalu bersama pasangannya si betina ketika musim kawin tiba.

Setiap jenis burung yang dipelihara oleh manusia, biasanya mempunyai beberapa masalah atau hal-hal yang tidak diduga. Seperti terserang penyakit atau wabah. Untuk jenis burung kacer, tak jarang ada jenis burung kacer yang mengalami mabung atau pergantian bulu yang terjadi di masa masa tertentu.

Hal seperti ini tentunya memerlukan persiapan dan penanganan yang khusus seperi cara merawat burung kacer mabung. Untuk dapat mengetahui situasi dan kondisi yang seperti ini, biasanya akan ada ciri-ciri yang ditimbulkan oleh si burung kacer.

Ciri-Ciri Burung Kacer Mabung

Ciri-ciri burung kacer sedang mabung

  1. Proses awal ketika masa mabung akan terjadi dicirikan dengan tingkah burung kacer yang sering diam dan semakin malas untuk bergerak.
  2. Selanjutnya, kacer akan memiliki kebiasaan baru untuk mencabuti bulu-bulunya.
  3. Burung kacer akan enggan untuk berkicau.
  4. Ketika didekati oleh manusia, burung kacer akan terlihat tidak nyaman dan gelisah.
  5. Bulu bulu elegan yang menempel di tubuh burung kacer akan terlihat kusam dan berantakan.
  6. Setiap harinya, satu hingga empat helai bulunya akan berjatuhan hingga habis.
  7. Matanya akan terlihat sayu dan kosong seperti burung yang sedang sakit.
  8. Sangkarnya akan sangat kotor karena dipenuhi oleh bulu bulu yang berjatuhan.
  9. Namun, satu hari sebelum mabung, burung kacer akan berbunyi sangat ngacor dan ngotot.

Ciri-ciri burung kacer mabung di atas dapat diprediksi dan mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan si burung kacer yang akan mabung untuk para pemula jika mengetahui kapan biasanya burung kacer akan mabung. Juga untuk mengetahui cara merawat burung kacer mabung harus seperti apa.

Burung kacer yang akan mabung biasanya terjadi ketika burung yang masih kecil hingga berusia 3 bulan. Proses mabung ini bisa dikatakan sebagai proses pergantian bulu kacer kecil menuju bulu kacer anakan atau trotol. Ketika memasuki usia 6 bulan, burung kacer akan kembali memasuki masa mabung untuk pergantian bulu anakan menuju bulu dewasa. Proses pergantian bulu burung kacer menuju dewasa ini dinamakan masa mabung pertama. Karena pergantian bulu yang sebelumnya tidak dapat dikatakan sebagai masa mabung.

Masa normal burung kacer dimulai ketika usianya 6-8 bulan, dalam usia yang berada di rentan bulan ini, burung kacer sudah dapat mengikuti perlombaan dan mengicau ngacor. Namun, pada bulan ke 12-15, burung kacer akan kembali mengalami masa mabung yang disebut masa kedua mabung. Bukan untuk berganti menjadi bulu tua, namun untuk membuang bulunya yang rusak dan kering.

Ketika sudah melewati prosesnya selama lebih dari satu tahun, burung kacer sudah menjadi seekor jawara kicau. Kemungkinan untuk mabung kembali akan terjadi setelah 2-3 tahun mendatang.

Pergantian bulu burung kacer yang terjadi secara khusus ini tentunya membutuhkan perawatan yang benar agar burung kacer tidak mati.

Cara Merawat Burung Kacer Mabung Yang Benar

Burung kacer mabung
Sumber: FIKA TUBE

Perawatan burung kacer mabung dapat dilakukan ketika burung kacer sedang berada di proses masa mabung dan setelah masa mabung. Berikut ialah cara merawat burung kacer ketika sedang berada pada proses mabung:

1. Menempatkan Burung Kacer Sendirian Di Tempat Sunyi

Agar burung kacer tidak terganggu dan tetap merasa nyaman selama sedang berada di masa mabung, sebaiknya burung kacer ditempatkan di tempat sunyi yang jarang dilewati oleh manusia. Selain itu juga terhindar dari gangguan burung lainnya.

2. Mengerondong Burung Kacer

Jika tidak dapat menemukan tempat yang sunyi, mengendorong burung kacer yang sedang mabung dapat menjadi alternatif berikutnya. Pengerondongan burung kacer mabung dapat dilakukan ketika malam hari, jika pada siang hari kerodong burung kacer dapat dibuka.

3. Tetap Membersihkan Sangkar Burung Kacer

Cara merawat burung kacer mabung selanjutnya yaitu dengan tetap membersihkan sangkarnya. Hal ini dikarenakan jika kotoran terus menumpuk selama berbulan-bulan, burung kacer akan rentan terkena penyakit dan virus. Namun, tentunya pembersihan sangkar burung kacer dapat dilakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu agar burung kacer tidak terganggu selama masa mabung.

4. Memberi Extra Food (EF) Satu Minggu Pertama

Memberikan EF pada burung kacer yang sedang mabung memang akan meningkatkan birahi burung kacer. Namun, jika EF diberikan pada masa satu minggu pertama mabung, protein dari EF seperti jangkrik, kroto, dsb, dapat meningkatkan energi si burung kacer.

5. Hentikan EF Setelah Satu Minggu Pertama

Setelah satu minggu pertama diberikan EF untuk menambah energi burung kecer, penting untuk menghentikan pemberian EF untuk minggu selanjutnya hingga masa mabung selesai. Hal ini dikarenakan jika birahi kacer meningkat pada puncak masa mabungnya, kacer akan terus mengicau ngacor dan mengganggu proses pergantian bulunya. Sehingga, masa mabungnya akan semakin lama. Untuk mengganti asupan EF, ganti pakan burung kacer dengan voer yang berkualitas.

6. Memastikan Air Minum Burung Kacer Mabung Tetap Terisi

Agar cara merawat burung kacer yang sedang mabung lebih teratur, sebaiknya tetap pastikan bahwa air minum di kandang burung kacer tetap terisi. Dikarenakan burung kacer akan cepat merasa lelah dan tidak terjadi dehidrasi bagi burung kacer yang mabung.

7. Dilarang Memandikan Burung Kacer Mabung

Untuk burung kacer yang sedang dalam masa mabung, sebaiknya dan seharusnya jangan dimandikan terlebih dahulu. Jika burung kacer mabung dimandikan, maka proses masa mabungnya akan semakin lama, karena bulu bulu kacer yang basah.

8. Dilarang Menjemur Burung Kacer Mabung

Jika biasanya burung kacer akan berjemur selama 3 jam, namun ketika dalam masa mabung burung kacer tidak boleh dijemur. Selain basah jika dimandikan, terkena suhu yang terlalu panas atau sinar matahari langsung akan membuat proses masa mabungnya semakin lama. Waktu yang ideal untuk menjemur burung kacer mabung, jika ingin tetap dijemur, yaitu selama 15-20 menit saja.

9. Memutar Masteran Untuk Burung Kacer

Ketika masa mabung dimulai, burung kacer akan semakin jarang bertemu dengan burung lainnya karena tidak boleh diganggu. Namun, pada saat itu juga indra pendengarnya menjadi semakin tajam. Memutar MP3 masteran burung kacer dapat menjadi pilihan yang bagus untuk kacer mabung. Selain untuk menghilangkan rasa kesepian burung kacer, hal ini juga dapat membantu proses pembukaan paruh burung kacer.

Perawatan Burung Kacer Setelah Mabung

Perawatan burung kacer setelah mabung

Cara merawat burung kacer yang sedang mabung di atas dapat dilakukan selama prosesnya sedang berlangsung. Setelah burung kacer selesai mabung, perawatan yang dapat dilakukan ialah:

1. Mandikan Burung Kacer Dengan Shampo Khusus

Setelah menanti-nanti masa mabung burung kacer yang tidak pernah dimandikan, burung kacer dapat segera dimandikan ketika bulu-bulu barunya sudah terlihat muncul. Bulu-bulu tersebut dapat terlihat seperti jarum-jarum kecil. Namun, ketika memandikan burung kacer untuk pertama kali lagi, lebih baik menggunakan shampo khusus yang biasa digunakan untuk memandikan burung setelah melalui masa mabungnya.

2. Mengeluarkan Sangkar

Burung kacer yang sebelumnya terus menerus berada di tempat sunyi, dapat kembali bergantung di depan rumah setelah melalui masa mabungnya. Pengeluaran burung kacer yang baru selesai mabung ini dapat dilakukan dengan dikerondongi terlebih dahulu.

3. Memberikan Pakan 6-10 Ekor Jangkrik

Masa mabung yang lama akan membuat burung kacer kelehahan dan membutuhkan banyak protein. Sangkar yang sudah bisa digantungkan di depan rumah, dapat dimasukkan 6-10 ekor jangkrik yang akan menjadi santapan burung kacer. Diamkan saja burung beserta jangkrik di dalamnya hingga keesokan hari.

4. Menjemur Burung Kacer

Pada keesokan harinya, burung kacer sudah dapat dijemur dengan durasi 2-3 jam. Untuk membuat burung kacer merasa lebih nyaman dan seperti hidup kembali.

5. Mengurangi Durasi Menjemur Dikemudian Hari

Setelah beberapa hari, burung kacer akan terlihat lebih sehat dan mulai gacor kembali. Ketika sudah berkondisi seperti ini, kurangi intensitas penjemuran burung kacer menjadi 1-2 jam saja per harinya.

6. Lakukan Perawatan Rutin Normal

Burung kacer yang sudah sangat sehat dan memiliki bulu-bulu baru yang indah, dapat melakukan perawatan rutin harian yang normal kembali.

Obat Burung Kacer Mabung

Selama masa burung kacer dalam proses mabung, tentu ada saja hal-hal yang mengharuskan perawatan khusus terjadi, seperti obat untuk burung kacer mabung. Obat kacer mabung ini dibutuhkan ketika proses mabung burung kacer tidak kunjung selesai dan memakan proses yang sangat lama.

Obat untuk membuat proses perontokan bulu burung kacer dibagi ke dalam dua jenis, ada obat tradisional dan juga obat khusus untuk burung mabung.

1. Obat Mabung Tradisional

Bahan yang diperlukan:

  • Jahe
  • Batang sereh

Langkah yang harus ditempuh untuk membuat obat burung mabung tradisional ialah, pertama-tama, tumbuk atau geprek jahe dan serai. Kemudian, rebus kedua bahan tersebut hingga air mendidih. Cairan jahe dan batang serai yang sudah dingin dapat diberikan kepada burung kacer yang sedang dalam proses mabung agar prosesnya lebih cepat.

Untuk memberikan obat ini kepada burung kacer, aturan pakainya cukup diberikan setiap satu hari sekali. Lakukan pemberian obat tradisional ini selama tiga hari berturut turut atau sampai bulu burung kacer benar-benar ambrol.

Sisa batang sereh yang tidak terpakai dapat ditaruh pada alas sangkar burung kacer yang sedang mabung, bersamaan dengan daun pandan. Menaruh kedua tanaman ini mampu memberikan dampak yang bagus selama masa mabung.

2. Obat Khusus Burung Mabung

Obat burung mabung memiliki dua jenis, yaitu untuk diminum dan untuk mandi. Obat mabung yang digunakan untuk minum mempunyai aturan pakai dengan cara menuangkan 5 tetes cairan obat pada air minum burung kacer yang sedang mabung setiap harinya atau sampai bulu bulunya rontok.

Obat mabung yang digunakan untuk mandi memiliki aturan pakai perbandingan 4 tutup botol dengan 1 liter handsprayer. Semprotkan cairan obat tersebut pada burung kacer yang sedang mabung sebanyak 1x saja. Ulangi pemakaian obat semprot ini selama 2 hari sekali hingga bulu burung mabung rontok.

Cara merawat burung kacer mabung di atas tentunya akan sangat membantu bagi para pecinta burung sekalian. Terima kasih telah mengunjungi Alam Burung, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar