Cara Merawat Burung Kenari

Bismillahirrahmanirrahim, Merawat burung kicau hias adalah hal yang susah-susah gampang, termasuk merawat burung kenari. Selain diperlukan ketekunan, diperlukan pula beberapa cara merawat burung kenari yang tepat agar cepat gacor atau matang. Perlakuan dan perawatan tersebut tentunya ditunjang dengan hal-hal kecil yang perlu kamu perhatikan, seperti kebersihan kandang, pemberian pakan dan faktor faktor lainnya.

Cara Merawat Burung Kenari Biar Gacor

Merawat burung kenari

Berikut ini merupakan 12 cara ampuh merawat burung kenari agar cepat gacor dari pengalaman admin Alam Burung:

1. Pemberian Sayuran dan Buah Supaya Gacor & Mudah Buka Paruh

Karena keunikan suara dan kicauannya, burung kenari dapat dikatakan spesial dan membutuhkan sumber makanan yang tidak selalu dalam bentuk biji-bijian. Makanan tambahan atau yang sering kita sebut dengan istilah Extra Food (EF) sangat berpengaruh dalam cara merawat burung kenari sehari-hari. Beberapa makanan tambahan yang bisa kamu berikan pada burung kenari agar cepat gacor dan buka paruh, adalah seperti:

  1. Sayuran: Dalam hal ini sayuran yang dimaksud adalah jenis peterseli atau kamu juga bisa memberi makanan tambahan jagung muda.
  2. Buah: Buah sangat baik bagi kualitas suara dari burung kenari. Buah yang sering dijadikan pakan pada kenari adalah jenis buah apel.

Baca juga: Jenis makanan burung kenari

2. Pemberian Pakan Utama Seperti Biji-bijian

Sama halnya dengan kebanyakan jenis burung lainnya, pakan utama burung kenari adalah biji-bijian. Bentuk paruh dari kebanyakan burung termasuk burung kenari adalah paruh untuk memakan biji-bijian. Pemberian pakan utama ini ternyata juga sangat membantu burung kenari yang kamu pelihara supaya gacor lebih cepat.

Biji-bijian sebagai pakan utama burung kenari dapat dengan mudah kamu temukan di toko pakan burung. Kamu hanya perlu memberikan pakan burung kenari berupa biji-bijian secara rutin pada waktu yang tepat seperti pagi dan sore hari.

3. Pemberian Pakan Berupa Dedaunan Tertentu

Agar cepat gacor, burung kenari juga dikenal menyukai beberapa jenis dedaunan tertentu. Apabila burung kenari hidup di alam bebas, burung kenari akan memakan dedaunan seperti:

  • Daun krokot
  • Daun dewa
  • Daun gingseng jawa
  • Daun binahong
  • Daun mengkudu

Dedaunan yang telah disebutkan di atas ternyata juga sangat ampuh untuk merawat burung kenari.

4. Pemberian Multivitamin Biar Gacor dan Sehat

Pada kondisi tertentu, burung kenari akan mengalami fase mabung atau pergantian bulu dan rontoknya bulu. Dalam kondisi ini burung kenari akan merasa kurang sehat dan terlihat murung. Multivitamin, adalah salah satu penunjang agar daya tahan tubuh burung kenari tetap terjaga dan segera pulih dari kondisi mabungnya.

Cara merawat burung kenari mabung ini dapat dilakukan dengan cara pemberian multivitamin secara bertahap sebanyak dua hingga tiga kali perminggunya. Multivitamin yang akan diberikan dapat kamu campurkan dengan air minum pada wadah air yang tersedia pada kandang burung. Multivitamin akan membuat kondisi burung kenari lebih fit dan tentunya supaya gacor lebih cepat.

5. Pemberian Jamu dan Ramuan Khusus Kenari

Agar cepat gacor burung kenari juga dapat diberi perlakuan tertentu seperti pemberian jamu. Jamu yang diberikan ini memiliki komposisi tertentu sesuai dengan kebutuhan nutrisi burung kenari. Ramuan khusus burung kenari ini dapat kamu racik dari bahan-bahan sebagai berikut:

  • Minyak ikan 10 butir
  • Kunyit sebanyak 3 ruas dengan ukuran sedang
  • Biji-bijian seberat 1 kg khusus burung kenari
  • Multivitamin 3 butir
  • Kuning telur ayam mentah sebanyak 2 butir
  • Madu asli (4 sendok teh)
  • Jahe ukuran besar 1 ruas

Ramuan yang akan dibuat tersebut terlebih dahulu harus dijadikan adonan yang telah dikeringkan. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan yang telah dihaluskan dan diberi sedikit air, kemudian dijemur hingga kondisinya lebih kering.

Dengan ramuan khusus atau jamu ini, burung kenari yang kamu pelihara akan lebih bugar dalam cuaca apapun. Kesehatan burung kenari merupakan faktor yang akan sangat menunjang sekali dalam proses membuat burung agar cepat gacor.

6. Pemberian Asinan atau Tulang Sotong yang Memberi Banyak Manfaat

Bagi para pecinta burung hias, pemberian asinan atau tulang sotong pada burung adalah hal yang sudah biasa. Pemberian tulang sotong juga dapat kamu lakukan dalam cara merawat burung kenari lomba. Tulang sotong dan asinan dikenal sebagai jenis pakan yang mengandung banyak nutrisi seperti fosfor dan kandungan kalsium yang cukup tinggi.

7. Pemberian Pakan Buatan Tertentu

Untuk memanjakan burung kenarimu biar cepat gacor, berikanlah sesekali (biasanya 1 minggu sekali) makanan khusus dengan komposisi yang menunjang kebutuhan nutrisi penting burung kenari, seperti:

  • Madu asli (1 sendok teh)
  • Mentega (1 sendok teh)
  • Biskuit bayi (1 iris)
  • Telur puyuh rebus (1 butir)
  • Finger seed atau poppy seed ( 1 sendok teh)

Kamu bisa mencampurkan semua bahan yang telah disebutkan di atas dan aduk dengan merata kemudian berikan pakan buatan tersebut pada burung kenarimu.

8. Melakukan Pemasteran Pada Kenari

Cara merawat burung kenari yang berikutnya adalah dengan melakukan pemasteran, hal ini dilakukan agar cepat gacor dan ngerol. Pemasteran ini harus dilakukan dengan rutin setiap hari dan berkala agar burung kenari lebih cepat gacor. Cara yang paling ampuh dalam proses pemasteran ini adalah memutar MP3 di dekat burung kenari. Tetapi perlu diperhatikan bahwa volume suara MP3 tidak boleh terlalu keras agar hasilnya lebih baik dan burung kenari dapat menirukan dengan maksimal.

9. Menjemur Burung Kenari pada Pagi dan Sore Hari

Faktor lainnya yang juga sangat berpengaruh pada cara merawat burung kenari adalah proses berjemur. Burung kenari yang kamu rawat membutuhkan juga cahaya matahari dengan intensitas sedang (tidak boleh terlalu panas). Jemurlah burung kenarimu tidak lebih dari setengah jam pada pagi dan sore hari serta perhatikan intensitas cahaya mataharinya. Kondisi yang terlalu panas juga tidak baik bagi kesehatan burung kenari.

10. Memandikan Burung Kenari di Pagi Hari

Dalam merawat dan menjaga kesehatan burung, kamu harus rutin memandikan burung kenarimu pada pagi hari. Kebersihan burung akan mempengaruhi burung agar cepat buka paruh dan gacor. Untuk memandikan kenari kamu bisa menggunakan hand spray atau menyediakan wadah khusus di dalam kandang burung. Mandi di setiap paginya akan menjaga bulu-bulu pada burung kenari tetap indah.

11. Menjaga Kebersihan Kandang

Faktor berikutnya yang sangat berpengaruh adalah kebersihan kandang burung kenari. Burung kenari akan rentan terkena penyakit apabila kandangnya kotor dan tidak bersih. Bersihkanlah kandang secara rutin dan berkala terutama kotoran burung kenari agar tidak mengkontaminasi makanan atau minuman burung kenari yang telah disediakan.

12. Mengatur Berat Badan Burung Kenari Agar tidak Kegemukan

Burung kenari yang terlalu gemuk tidak memiliki kualitas suara yang baik dan bahkan akan membuat burung kenari lebih malas bersuara dan lebih lama gacor. Untuk itu kamu harus mengontrol asupan makanan untuk burung kenari. Atau kamu juga bisa memberikan strategi tertentu seperti pemberian kandang yang lebih besar agar burung kenari lebih aktif dan lincah meskipun banyak diberi pakan. Selain itu kamu juga bisa memberikan racikan pakan yang lebih rendah lemah supaya bobot burung kenari tetapt terkontrol.

Itulah cara sederhana dan mudah merawat burung kenari biar gacor yang dapat segera kamu aplikasikan pada burung kenarimu. Selamat mencoba! Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Burung_kenari

Tinggalkan komentar