Cara Merawat Burung Kenari Mabung

Daftar Isi:

Bismillahirrahmanirrahim, Merawat, memelihara atau membudidayakan burung kicau hias adalah hal yang susah susah gampang. Termasuk merawat jenis burung kicau seperti kenari. Kamu harus siap menghadapi berbagai kondisi yang terjadi pada burung kenari yang sedang kamu pelihara. Salah satu kondisi yang sering terjadi pada burung kenari adalah mabung.

Mabung sebenarnya adalah hal alamiah yang terjadi pada unggas, yakni ketika kondisinya akan berganti bulu. Sehingga burung kenarimu akan tampak lebih lesu dan kurang sehat bahkan akan lebih jarang bersuara atau berkicau.

Ciri-ciri Burung Kenari Mabung

Ciri-ciri burung kenari mabung

Agar dapat mengantisipasi dan memberikan perlakuan yang tepat kepada burung kenari yang dipelihara, kamu perlu mengetahui apa saja ciri-ciri burung kenari yang sedang mabung sebagai berikut:

  • Secara kasat mata, bulu yang terdapat pada sayap dan ekor burung akan terlihat nyerit dan agak kusut (tidak rapi).
  • Selain itu dari segi ciri fisiknya akan terlihat bulu-bulu burung kenari yang mulai rontok sedikit demi sedikit.
  • Burung kenari akan terlihat tidak sehat/tidak mood dan lesu.
  • Burung kenari akan mengalami masa mabung pertama ketika menginjak 3-4 bulan, dan masa mabung berikutnya biasanya ketika kenari berumur 1 tahun.
  • Intensitas kicauan pada burung kenari akan sangat berkurang dan burung kenari akan lebih sering diam. Pada fase mabung yang kedua kalinya biasanya burung kenari jantan bahkan sama sekali tidak akan berkicau.
  • Keinginan/nafsu makan dari burung kenari yang kamu pelihara akan berkurang drastis.
  • Pada beberapa fase mabung, burung kenari jantan dan betina bahkan kehilangan birahinya untuk berkembang biak.
  • Masa mabung ini biasanya akan berkisar selama 1 sampai 2 bulan, setelah melalui masa mabung bulu-bulu yang baru akan mulai tumbuh pada burung kenari.
  • Oleh karena itu, asupan nutrisi seperti protein dan nutrisi sangat diperlukan oleh burung kenari selama fase mabung.

Penyebab Burung Kenari Mabung

Penyebab burung kenari mabung

Setelah mengetahui ciri-ciri burung kenari mabung, kamu juga perlu mengetahui penyebab serta beberapa faktor yang membuat burung kenari mabung. Beberapa penyebab ini tidak hanya dikarenakan faktor usia namun juga faktor seperti lingkungan dan faktor hormon internal dari burung kenari itu sendiri. Berikut adalah penjelasan lengkap dan beberapa penyebab yang membuat burung kenari mabung:

1. Hormon Burung Kenari

Sebagai makhluk hidup yang memiliki hormon atau zat kimia dalam tubuh yang akan memberikan efek tertentu, burung kenari akan mengalami juga fase ketidakstabilan hormon (misalnya dimasa birahi, hormon akan meningkat). Ketidakstabilan ini akan menyebabkan efek tertentu bagi fisik burung kenari termasuk membuat kenari mabung.

2. Kondisi Cuaca Yang Tidak Menentu

Perubahan kondisi cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas atau perubahan musim bagi burung kenari juga akan menyebabkan perubahan kondisi fisik pada burung kenari. Kondisi cuaca yang sedemikian ini menjadi salah satu faktor kenari mengalami mabung.

3. Faktor Umur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, burung kenari muda akan mengalami masa mabung pertama pada saat berusia 3-4 bulan. Pada masa mabung pertama prosesnya akan berlangsung relatif lama. Sedangkan untuk fase mabung selanjutnya akan dialami burung kenari pada saat usianya menginjak 1 tahun. Pada masa mabung ini, kenari akan lebih cepat kembali bugar seperti sedia kala karena telah mengalami adaptasi pada saat masa mabung pertama.

4. Kondisi Lingkungan

Selanjutnya ada faktor lingkungan yang juga dapat membuat burung kenarimu mabung. Biasanya apabila dalam satu kandang ada burung kenari yang mengalami fase mabung, maka burung kenari yang lain juga akan segera mengalami fase yang sama.

Oleh karena itu sangat penting dilakukan, untuk memisahkan burung kenarimu yang sehat dari burung kenari yang sedang mabung. Cara merawat burung kenari mabung yang tepat sangat diperlukan agar burung kenarimu dapat kembali berkicau.

Cara Merawat Burung Kenari Yang Sedang Mabung

Merawat burung kenari yang sedang mabung

Apabila kamu telah mengetahui beberapa faktor dan penyebab yang membuat burung kenari mabung, kamu bisa memberikan perlakuan/cara merawat burung kenari mabung dengan tepat agar kondisinya kembali stabil dan cepat bugar seperti sedia kala.

Pada umumnya, burung kenari akan mengalami masa mabung selama 5-8 minggu. Masa mabung ini bisa berlangsung lebih lama apabila burung kenari yang kamu pelihara tidak ditangani dengan tepat. Ada beberapa cara merawat burung kenari mabung yang benar yang perlu diketahui dan diterapkan seperti:

1. Menggunakan Kerodong Pada Kandang

Kerodong adalah sehelai kain atau sarung yang digunakan untuk menutupi kandang burung agar kondisi udara di dalam sangkar tetap stabil. Kerodong akan melindungi kandang dari cuaca ekstrim yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Apabila kondisi udaranya stabil, burung kenarimu akan lebih cepat mengalami proses perontokan bulu. Sehingga fase mabung yang dialami akan lebih cepat selesai.

Baca juga: Cara merawat burung kenari biar gacor

2. Memberikan Makanan Tambahan / Extra Fooding

Hal yang sangat penting dilakukan dalam merawat burung kenari mabung adalah memberikan makanan tambahan atau extra food. Makanan tambahan yang diberikan pada burung kenarimu haruslah makanan tambahan yang memiliki kadar nutrisi tinggi dan tidak menyebabkan alergi pada burung kenari.

Karena seperti yang telah dijelaskan, pada masa mabung, burung kenari akan kehilangan selera/nafsu makan yang signifikan. Sehingga sangat penting untuk memilih asupan yang baik bagi burung kenari.

3. Memberikan Pakan Yang Kaya Akan Protein

Protein tinggi pada makanan akan mempercepat proses mabung dan tumbuhnya bulu-bulu muda yang berupa seperti jarum pada burung kenari. Asupan protein tinggi ini dapat diperoleh dari pakan tambahan berupa kroto dan telur puyuh.

Untuk pemberian pakan berupa kroto, kamu bisa memberikannya pada burung kenari secara rutin satu minggu sekali dengan takaran satu sendok. Sedangkan untuk memberikan pakan kenari berupa telur puyuh, bisa lebih sering yaitu dengan intensitas sebanyak 3 kali dalam seminggu. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa protein adalah zat yang membantu proses regenerasi bagian tubuh, termasuk pembentukan bulu pada burung kenari.

4. Memberikan Pakan Yang Kaya Dengan Serat

Nutrisi lainnya, seperti serat juga sangat penting dalam menunjang kesehatan burung kenari, apalagi di masa mabung. Makanan yang kaya akan serat dapat diperoleh dari beberapa jenis sayuran dan buah-buahan. Untuk buah-buahan, kamu bisa memberi pakan kenarimu berupa buah pir, buah anggur dan buah apel.

Sedangkan untuk sayuran, kamu bisa memilih jenis sayuran seperti mentimun, oyong atau gambas, sawi putih, sawi hijau, wortel dan beberapa jenis sayuran lainnya.

5. Menambah Porsi Makan Burung Kenari

Karena selera makan atau nafsu makan yang akan berkurang. Maka kamu perlu memperhatikan porsi makan burung kenarimu. Tambahkan porsi makanan dan jenis makanan tertentu agar burung kenarimu terbiasa kembali untuk makan dan pada saat kondisinya normal memiliki kicauan yang kembali gacor.

6. Sebaiknya Tidak Memandikan Burung Kenari Sementara Waktu

Saat kondisi kenari masih mabung, alangkah baiknya jika kamu tidak memandikannya terlebih dahulu, apalagi dengan intensitas yang terlalu sering. Suhu air akan mempengaruhi kondisi burung kenari sehingga akan membuat kondisinya semakin tidak sehat. Kamu bisa kembali memandikan burung kenari yang dipelihara apabila kondisinya sudah mulai stabil, yang ditandai dengan mulai tumbuhnya bulu-bulu baru.

7. Tidak Menjemur Burung Kenari

Karena kondisi burung kenari yang menjadi lebih sensitif, maka untuk sementara waktu kamu tidak perlu menjemur burung kenarimu, terutama jika burung kenari memasuki fase awal kerontokkan bulu. Cahaya matahari yang terlalu terik dan suhu yang tidak stabil akan mengganggu fase mabung pada burung kenari.

8. Menempatkan Burung Kenari Di Tempat Yang Tenang

Pada kondisi normal, burung kenari dikenal sebagai burung yang mudah stres apabila terganggu oleh hewan pemangsa lainnya, seperti kucing atau tikus. Apalagi ketika dalam fase mabung, burung kenari akan lebih gampang stres apabila kondisinya terganggu.

Maka dari itu cara merawat burung kenari mabung yang penting dilakukan adalah menempatkan kandang burung kenari di tempat yang tenang dan sepi atau bahkan sunyi (tidak ada gangguan dari hewan lainnya). Agar burung kenari tidak merasa stres yang akan mengganggu fase mabungnya.

9. Menghindarkan Burung Kenari Dari Suara Burung Lainnya

Setelah menempatkan burung kenari dalam kondisi yang tenang, perlu diperhatikan bahwa kamu juga bisa mempercepat masa mabungnya dengan cara menghindarkan burung kenari dari suara burung jenis lainnya. Ketenangan bahkan kesunyian akan menghindarkan burung kenari dari stres, sehingga proses rontoknya bulu akan lebih cepat berlangsung.

10. Memberikan Multivitamin Sebagai Nutrisi Tambahan

Ebood Breeding adalah salah satu multivitamin tambahan yang bisa kamu berikan agar nutrisi burung kenari semakin tercukupi. Dengan mengkonsumsi ebood breeding, pembentukan bulu-bulu baru pada burung kenari akan lebih cepat, karena multivitamin ini memiliki kandungan triptopan, lisin, dan metionin yang menstimulasi pembentukan bulu baru pada burung kenari.

Kamu bisa memberikan multivitamin ebood breeding 3 kali dalam seminggu dengan takaran 5-10 tetes dengan menggunakan campuran air minum sebanyak 50 ml. Pemberian multivitamin ini hanya disarankan apabila burung kenari dalam kondisi mabung. Hentikanlah penggunaannya apabila burung kenari sudah mulai stabil dan sehat.

11. Membersihkan Kandang Burung Kenari Secara Rutin

Sebenarnya membersihkan kandang burung kenari tidak hanya dilakukan saat burung kenari memasuki fase mabung, tetapi perlu dilakukan dengan rutin saat burung kenari dalam kondisi sehat. Namun, pada saat masa mabung kamu perlu memastikan bahwa kondisi kandang terbebas dari gangguan berbagai parasit seperti cacing, virus, kutu, bakteri dan hewan kecil lainnya yang membuat kesehatan burung kenari terganggu.

12. Membawa Burung Kenari Ke Dokter Hewan

Untuk memastikan burung kenarimu terhindar dari serangan virus pada masa mabung, kamu juga bisa membawanya ke dokter hewan agar lebih yakin. Kondisi mabung akan menyebabkan burung kenari lebih mudah terserang penyakit dan virus.

Sehingga penting untuk diperhatikan agar setelah fase mabung burung kenarimu tidak akan sakit berkepanjangan. Kamu bisa memeriksakan burung kenari yang dipelihara ke dokter hewan terdekat sekaligus mendapatkan obat dan multivitamin tambahan.

13. Memberikan Udara (Mengangin-angin) Burung Kenari

Sesekali, kamu bisa mengangin-anginkan burung kenari yang sedang mabung agar mendapatkan sedikit udara segar. Karena burung kenari yang mabung tidak boleh mendapatkan sinar matahari langsung. Lakukanlah proses tersebut dengan membuka kerodong pada sangkar sebagian. Angin segar akan mempercepat proses rontoknya bulu-bulu lama pada burung kenari.

14. Memandikan Burung Kenari Dengan Sampo Saat Kondisinya Mulai Membaik

Ketika kondisi burung kenari mulai tumbuh bulu-bulu baru, kamu bisa memandikannya dengan air sampo. Air sampo akan menghilangkan kotoran dan kutu pada burung kenari yang baru tumbuh bulu. Apabila tersedia, kamu juga bisa menyemprotkan air sampo yang mengandung aloe vera atau kandungan lidah buaya untuk menambah kesuburan bulu burung kenari.

Pada saat kondisi ini lebih baik memandikan burung kenari dengan hairspray dibandingkan memberikan wadah mandi langsung di dalam kandang.

15. Memisahkan Burung Kenari Yang Sedang Mabung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya fase mabung dapat dikatakan menular. Jadi apabila ada burung kenari dalam satu sangkar yang mengalami kondisi mabung, maka besar kemungkinan burung kenari lainnya dalam sangkar yang sama juga akan ikut mengalami mabung. Oleh karena itu penting sekali untuk memisahkan burung yang sehat dari burung kenari yang sedang mabung.

16. Memperhatikan Nutrisi Yang Tepat Untuk Burung Kenari

Cara merawat burung kenari yang sedang mabung sebenarnya mudah, hanya saja dibutuhkan ketelatenan dan keuletan agar kondisi burung kenari yang dipelihara segera pulih dan kembali bugar. Oleh karena itu, kamu sangat perlu memperhatikan nutrisi yang menjadi asupan burung kenari pada saat mabung.

Pakan utama dan pakan tambahan akan mempercepat proses rontoknya bulu sehingga bulu-bulu baru yang indah akan segera tumbuh. Sebagai pakan utama, selalu berikan canary seed terutama pada saat kondisi mabung. Canary seed akan membuat burung kenari kembali berkicau dan birahi saat kondisinya membaik.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kandungan nutrisi protein juga yang tidak boleh terlalu berlebihan, karena hal ini juga tidak baik pada saat mabung.

17. Mulai Melakukan Pemasteran Saat Kondisi Mulai Membaik

Saat keadaan burung kenari mulai membaik, kamu bisa mulai melakukan pemasteran pada burung kenarimu. Pada saat tumbuhnya bulu baru, burung kenari akan lebih mudah belajar dan kamu harus memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

18. Melakukan Pemasteran Dengan Menggunakan Audio Atau Burung Gacor

Proses pemasteran ini dapat kamu lakukan dengan cara memperdengarkan audio burung yang sudah gacor atau langsung oleh jenis burung yang sudah master seperti burung gereja, blackthroat atau sesama jenis kenari. Kamu bisa memilih metode mana yang lebih tepat untuk burung kenarimu.

19. Hindarkan Kenari Dari Sentuhan/Kontaminasi

Perlu diperhatikan agar kamu tidak terlalu sering menyentuh burung kenari pada saat kondisinya sedang mabung. Hal ini dilakukan agar burung kenari terhindar dari berbagai kontaminasi termasuk pada tangan manusia.

20. Tidak Memaksa Burung Kenari Untuk Sering Berkicau

Meskipun kondisi bulu sudah mulai tumbuh dan mulai dilakukan proses pemasteran, akan tetapi kamu tidak boleh memaksa burung kenari untuk lebih sering berkicau karena itu akan membuat burung kenari lebih stres. Intensitas kicauan burung kenari akan kembali seperti sedia kala seiring dengan pertumbuhan bulu-bulu baru.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Burung Kenari Mabung

Hal yang harus dihindari saat burung kenari mabung

Beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan untuk dihindarkan pada saat burung kenari mengalami kondisi mabung adalah:

1. Memberikan Pakan Dengan Kandungan Protein Yang Berlebihan

Hal pertama yang harus dihindari pada saat kenari mabung adalah pemberian pakan dengan kadar kandungan protein yang berlebihan. Meskipun dalam kondisi mabung, burung kenari memerlukan kandungan protein tinggi, namun apabila berlebihan akan menstimulus burung kenari menjadi cepat birahi, hal ini akan menyebabkan proses atau masa mabung relatif lebih lama dan tidak cepat selesai.

2. Melakukan Penjemuran Dengan Sinar Matahari Langsung

Pada saat kondisi mabung, keadaan lembap adalah keadaan terbaik yang akan mempercepat proses perontokkan bulu-bulu. Sebaliknya apabila burung terkena sinar matahari berlebih, kondisi rontoknya bulu akan mengalami ketidaksempurnaan bahkan akan timbul dampak lain seperti kelainan pada saat tumbuhnya bulu-bulu baru.

3. Memandikan Burung Kenari

Berikutnya yang perlu kamu hindari adalah memandikan burung kenari. Memandikan burung kenari akan membuat suhu tubuhnya tidak stabil. Kondisi ini akan berdampak pada proses cepat atau lambatnya kondisi mabung. Apabila kamu tetap bersikeras memandikan burung kenari saat kondisinya mabung, kamu akan membuat burung tidak sehat sehingga masa mabungnya lebih lama

4. Memasang Kerodong Hingga Seluruh Bagian Kandang Tertutupi

Tidak membiarkan udara segar masuk dan menutupi seluruh bagian kandang juga bukan hal yang tepat dilakukan pada saat kondisi burung kenari sedang mabung. Hal ekstrim yang akan terjadi adalah terbentuknya gas amonia di dalam kandang yang akan menjadi racun bagi burung kenari.

Baca juga: Cara merawat burung kacer mabung

5. Memaksa dan Membiarkan Burung Kenari Untuk Bersuara atau Berkicau

Perlu diketahui, pada saat mabung berkicau bukanlah hal yang bisa dibiarkan. Karena semakin sering burung berkicau, semakin lama pula masa mabungnya. Burung yang terus berkicau tidak akan bisa fokus pada proses rontoknya bulu. Oleh karena itu kamu harus menjauhkan burung kenarimu dari segala faktor yang dapat membuatnya berkicau lebih sering.

Itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebagai pemula dalam cara merawat burung kenari mabung. Lakukanlah hal tersebut dengan kesabaran dan keyakinan sehingga burung kenari yang kamu pelihara kondisinya cepat stabil dan normal. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar