Cara Merawat Burung Lovebird

Bismillahirrahmanirrahim, Alam Burung – Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung hias yang sangat cantik dan indah. Namun, tidak sedikit juga orang yang mengikutsertakan burung lovebird pada ajang perlombaan. Pasalnya, selain warna bulunya indah, suara kicaunya juga enak didengar dan bisa sampai ngekek panjang. Karena keistimewaannya tersebut, burung lovebird dibanderol dengan harga yang relatif mahal, tapi tetap tergantung pada jenisnya.

Tentunya diperlukan perawatan khusus supaya burung lovebird kesayanganmu gacor dan ngekek panjang. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli burung lovebird, pastikan kamu sudah mengetahui cara merawat burung lovebird terlebih dahulu.

Cara Merawat Burung Lovebird Biar Gacor

Cara merawat burung lovebird agar ngekek panjang

Perawatan salah satu burung yang berasal dari benua Afrika ini bisa dibilang harus mengeluarkan tenaga ekstra. Karena banyak sekali aspek dan faktor yang akan memengaruhi pertumbuhannya. Maka dari itu pastikan kamu merawatnya dengan tepat. Berikut cara merawat burung lovebird agar ngekek panjang.

1. Mempersiapkan Sangkar Yang Tepat

Sebelum mulai merawat dan memelihara burung lovebird, pastinya kamu harus mempersiapkan sangkarnya dulu. Salah satu kesalahan banyak pemilik burung lovebird adalah memberikan sangkar yang terlalu sempit. Akibatnya burung akan gampang stres dan variasi suara kicaunya malah memburuk.

Oleh karena itu siapkan lah sangkar bersih dengan ukuran yang cukup luas. Kamu juga perlu memperhatikan bahan sangkarnya, jangan sampai bahannya bisa melukai burung. Untuk memudahkan kamu sendiri, gunakan lah sangkar yang mudah dibuka dan dibersihkan. Kalau bisa pilih sangkar yang bagian alasnya mudah diganti dan tidak banyak menyebabkan gangguan supaya burung nyaman dan tidak gampang stres di dalamnya.

2. Mandikan Dengan Rutin

Untuk tetap menjaga kecantikan dan keindahan bulu lovebird, maka kamu perlu memandikannya. Kamu bisa memandikan lovebird kesayanganmu seminggu sekali secara rutin. Memandikan burung lovebird juga dapat berfungsi untuk membersihkan tubuhnya dari kuman-kuman dan virus yang menempel pada bulunya.

Di samping itu, ia juga akan merasa segar dan fresh. Agar burung terhindar dari virus berbahaya, disarankan untuk menggunakan semprotan cairan anti-bakteri ketika memandikannya. Mandikan lovebird pelan-pelan sampai air menetes dari bulu-bulunya. Setelah dimandikan, kamu bisa mengeringkan bulunya menggunakan hair dryer lalu menyisirnya supaya terlihat tetap cantik.

Baca juga: Cara merawat burung kacer

3. Penjemuran

Setelah selesai memandikan lovebird, maka langkah merawat burung lovebird berikutnya adalah penjemuran. Jemur burung lovebird di luaran rumah agar ia tidak merasa kedinginan. Ini juga merupakan salah satu tips dan trik menjaga keseimbangan tubuh burung lovebird.

Lakukan penjemuran secara rutin pada jam-jam tertentu. Kamu bisa melakukann di pagi hari pada jam 8 hingga 10 pagi, atau di sore hari pada jam 3 sampai 5. Durasi penjemuran burung lovebird yang cukup adalah kurang lebih selama 3 jam. Sebelum menjemur lovebird, pastikan kalau cuaca di luar memang sedang bagus atau cerah. Jangan taruh burung lovebird di luar ketika hujan karena hal itu malah akan membuatnya jatuh sakit.

4. Penggatangan

Sesaat setelah proses penjemuran selesai, maka tempatkan lovebird pada lokasi yang tepat, yaitu tempat yang terang, tenang dan memiliki saluran udara cukup baik. Ini merupakan rahasia lain cara merawat burung lovebird agar ngekek panjang dan gacor. Dengan menaruh burung lovebird pada tempat yang tepat, maka kemungkinan besar ia akan memiliki mood yang bagus dan jarang terkena stres.

5. Pemberian Pakan

Lovebird merupakan burung pemakan biji-bijian. Jadi makanan burung lovebird tidak jauh dari biji-bijian. Pemberian pakan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, pemberian pakan yang tepat akan membantu burung lovebird tumbuh dan berkembang lebih baik, sehingga akan lebih mudah juga untuk merawatnya sampai gacor.

Pilih lah makanan-makanan yang berkualitas untuk lovebird kesayanganmu. Berikut ini beberapa pilihan makanan burung lovebird agar ngekek panjang.

  • Biji kenari
  • Biji oat
  • Jagung manis
  • Tulang soong
  • Sawi putih
  • Terasi
  • Apel merah
  • Toge
  • Kangkung
  • Kwaci
  • Pokcoy
  • Milet
  • Juwawut

Biji kenari merupakan salah satu pilihan pakan yang tepat untuk burung lovebird. Karena biji kenari kaya akan kandungan lemak, protein dan hidrat arang yang dapat membantu sistem pertumbuhan burung. Akan tetapi, padukan biji kenari dengan pakan lain. Jangan gunakan pakan biji kenari secara berlebihan karena bisa menyebabkan obesitas pada burung lovebird.

Selain biji kenari, kamu juga bisa menggunakan biji oat untuk makan burung lovebird. Biji oat diyakini mampu mempercepat proses mabung burung lovebird. Mabung adalah fase dimana burung mengalami proses pergantian bulu. Pada saat-saat tersebut, biji oat bisa membuat struktur jaringan bulu lovebird menjadi lebih baik, lebih indah dan lebih tahan terhadap iritasi.

Di samping itu, pakan biji oat juga bisa menenangkan burung lovebird supaya tidak mudah stres. Pakan ini mengandung kalori, protein dan karbohidrat yang cocok diberikan kepada indukan burung lovebird ketika memberi makan anaknya. Anak lovebird yang menerima asupan biji oat dari indukannya kemungkinan besar bisa tumbuh lebih cepat.

Jagung manis merupakan pakan pilihan para pemilik lovebird supaya burung lovebird mereka cepat gacor. Pakan yang satu ini mengandung aneka nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata lovebird dan memperkuat otot-otot tubuhnya. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam jagung manis antara lain Vitamin B, C folat, betakaroten dan crypthoxanthin. Apabila ingin memberikan pakan jagung manis kepada burung lovebird, pilih jagung yang masih muda dengan tekstur yang lunak supaya memudahkan lovebird memakannya.

Toge dipercaya memiliki zat gizi yang dapat merangsang burung lovebird supaya lebih sering berkicau dan ngekek panjang. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan pakan toge biar Lovebirdmu ngekek panjang.

Siapa sangka ternyata terasi juga bisa dijadikan pakan burung lovebird. Karena merupakan hasil fermentasi dari udang rebon atau ikan, terasi mengandung banyak protein yang sangat baik untuk perkembangan burung lovebird. Untuk pemberian pakan terasi, cukup berikan secara rutin seminggu sekali dan bentuk terasi menjadi bulatan-bulatan kecil supaya mudah dimakan lovebird.

6. Berikan Cukup Waktu Istirahat

Sama seperti manusia, burung lovebird juga butuh istirahat. Burung ini dapat menghabiskan waktu 10 hingga 12 jam hanya untuk tidur saja. Untuk menjaga kualitas tidurnya di malam hari, gunakan penutup kandang. Dan buka penutup kandangnya ketika pagi hari sudah tiba, supaya ia bisa menghirup udara segar.

Pada siang hari, biasanya lovebird akan tidur selama 2 sampai 3 jam. Maka dari itu supaya tidurnya tidak terganggu, pastikan kamu meletakkan kandangnya di tempat yang sepi dan tenang. Kualitas tidur lovebird punya peran besar dalam menjaga kesehatannya. Kamu tidak mau kan Lovebird kesayanganmu jatuh sakit hanya karena kurang istirahat.

7. Memeriksa Kesehatannya

Pengecekan terhadap kesehatan burung lovebird perlu dilakukan sesekali. Karena kita tidak tahu kalau dia sedang sakit.

Maka dari itu disarankan untuk membawa burung lovebird ke dokter hewan terdekat untuk memeriksakan kesehatannya. Hal ini juga dilakukan sebagai langkah pencegahan agar burung tidak terserang virus atau penyakit berbahaya.

Kalau kamu mendeteksi ada sesuatu yang beda dari biasanya pada burung lovebirdmu, maka kamu harus segera memeriksakannya ke dokter hewan. Misalnya ketika ia jadi lebih pasif dan jarang berkicau riang. Bila perlu, kamu juga bisa memberikannya vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

8. Berikan Vitamin

Pemberian vitamin juga termasuk ke dalam salah satu cara merawat burung lovebird biar gacor. Vitamin memiliki manfaat dan khasiat yang bisa mempercepat proses pertumbuhan burung lovebird. Di pasaran terdapat banyak sekali vitamin dan suplemen untuk burung lovebird.

Beberapa vitamin yang bisa kamu pilih adalah Extra Fooding dan beberapa merk lainnya. Namun, jangan berikan vitamin terlalu berlebihan. Kamu juga harus mengimbanginya dengan pemberian pakan berkualitas secara rutin.

9. Letakkan Batang Pohon Di Dalam Kandang

Untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik lagi pada burung lovebird, kamu bisa menaruh beberapa buah batang pohon di dalam kandangnya. Batang pohon ini berfungsi sebagai tempat bertengger lovebird.

Satu kandang lovebird bisa diisi 2 hingga 3 batang dengan tekstur dan ukuran yang berbeda-beda. Burung lovebird yang sering bertengger tentunya akan memiliki kaki yang lebih kuat dan sehat. Ketebalan batang pohon yang ideal untuk dapat menopang burung lovebird kurang lebih sekitar 1,5 cm.

10. Pemasteran

Pemasteran merupakan langkah penting dalam cara merawat burung lovebird agar ngekek panjang dan gacor. Tidak seperti pemasteran pada burung lain yang biasanya dilakukan selama full 24 jam, pemasteran burung lovebird bisa disesuaikan dengan karakteristiknya.

Kamu bisa memberikan masteran kepada burung lovebird ketika selesai melakukan penjemuran atau di sore hari menjelang waktu istirahatnya. Yang pasti pemasteran harus dilakukan di tempat yang sepi dengan suasana yang tenang supaya lovebird bisa mendengarkan dan mengingat suara masterannya dengan baik.

Pemasteran yang dilakukan menjelang burung lovebird beristirahat juga cukup baik karena suara masteran akan teringat dan tertanam dipikirannya tepat sebelum burung tertidur. Selain tempat dan waktu pemasteran, kamu juga harus memperhatikan media masteran yang digunakan. Masteran yang bagus adalah masteran yang tidak fals dan mengandung banyak variasi.

11. Sediakan Air Bersih

Persediaan air bersih tidak kalah penting dari pemberian pakan berkualitas secara rutin. Pastikan burung lovebirdmu memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan air bersih dan segar di sepanjang hari.

Supaya praktis, kamu bisa menaruh tempat air di dalam kandangnya. Tapi pastikan kamu mengganti air dan mencuci tempatnya tersebut secara rutin sehari sekali. Karena kebersihan tempat minumnya juga harus dijaga supaya lovebird tetap sehat dan senang.

Cara Merawat Burung Lovebird Anakan

Cara merawat burung lovebird anakan

Perawatan burung lovebird anakan sedikit berbeda daripada perawatan lovebird dewasa. Pasalnya, burung lovebird anakan tubuhnya masih terlalu lemah sehingga kamu perlu memberikan pengawasan ekstra. Berikut cara merawat burung lovebird anakan dengan baik dan benar.

1. Menyiapkan Kandang Inkubator

Burung lovebird yang masih kecil sebaiknya ditempatkan di kandang inkubator yang terpisah dari indukannya. Cara pembuatan kandang inkubator ini juga cukup mudah.

Kamu hanya memerlukan lampu 5 watt, kardus bekas mi instan dan serbuk kayu. Siapakan kardus bekas yang sudah diberi serbuk kayu secara merata. Kemudian, taruh lampu 5 watt di atasnya dengan jarak ke bawah kurang lebih 30 cm.

Lalu, letakkan kandang inkubator ini di ruangan tertutup yang tenang supaya lovebird anakan tetap merasa hangat dan aman. Kalau malas membuatnya, kamu bisa membeli kandang yang sudah jadi di pet shop terdekat atau online shop.

2. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan kandang inkubatornya secara rutin seminggu sekali. Kalau kandang inkubator terbuat dari kardus maka kamu harus mengganti kardus dan serbuk kayunya secara berkala, yakni 2 minggu sekali. Pastikan lingkungan kandang tetap bersih terjaga supaya anakan lovebird juga merasa nyaman dan tetap sehat.

3. Pemberian Pakan Yang Tepat

Burung lovebird anakan belum bisa memakan pakan yang keras seperti biji-bijian. Oleh karena itu kamu harus memberikan pakan yang mudah dicerna seperti nasi pulen atau bubur bayi.

Campurkan nasi pulen atau bubur bayi dengan voer ayam, kalau kamu ingin tambahan nutrisi dan vitamin untuk lovebird anakan kesayanganmu. Kamu bisa mendapatkan voer ayam dengan mudah di toko pakan unggas.

Kamu juga harus memberikan makanannya secara langsung dengan cara melolohkannya ke dalam mulut lovebird. Karena lovebird anakan masih belum bisa makan sendiri. Lakukan pemberian pakan ini dengan hati-hati. Jangan sampai anakan lovebird tersedak. Dan ulangi pemberian pakan selama 5 jam sekali supaya lovebird tidak merasa kelaparan.

4. Vaksinasi

Burung lovebird yang baru lahir atau yang masih anakan perlu perawatan ekstra seperti vaksinasi. Pemberian vaksin dilakukan supaya lovebird tidak mudah terserang penyakit.

Lebih cepat pemberian vaksin makan lebih baik juga untuk kesehatannya. Kamu bisa menggunakan vaksin jenis tetes mata yang mudah dan praktis digunakan sehingga kamu bisa memberikannya secara mandiri di rumah.

Tapi, pastikan kamu sudah cuci tangan atau menggunakan sarung tangan khusus sebelum memberikan vaksinnya supaya kebersihan pada lovebird kecil tetap terjaga.

Demikian 15 cara merawat burung lovebird biar cepat gacor. Perawatan yang baik dan tepat akan terus menjaga kesehatan dan kenyamanan burung lovebird. Tentunya burung lovebird yang sehat dan senang akan cepat gacor dan bisa ngekek panjang.

Tinggalkan komentar