Cara Merawat Burung Pleci

Bismillahirrahmanirrahim, Burung pleci juga sering disebut dengan nama burung kacamata karena memiliki mata yang seperti sedang menggunakan kacamata. Burung pleci dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan, suara yang dikeluarkan burung ini sangatlah merdu dan jernih. Tak jarang pula diadakan kontes untuk menilai burung pleci mana yang paling merdu. Dibalik kemampuannya, terdapat cara merawat burung pleci yang sedikit rumit dan perlu ketekunan.

Cara Merawat Burung Pleci Biar Cepat Gacor

Merawat burung pleci bahan

Berikut ini adalah perawatan burung pleci yang baik dan benar untuk pemula yang telah dirangkum oleh Alam Burung dari beberapa sumber terpercaya.

1. Memilih Masteran Yang Tepat

Sebelum memberikan suara masteran kepada burung pleci, para pecinta burung pleci harus mengetahui dulu karakteristik suara burung pleci yang sedang terjadi. Jika suara burung pleci yang dimiliki berada pada karakteristik suara yang ngerol, burung pleci tersebut dapat dimaster dengan suara-suara burung bertipe ngerol seperti kenari, kolibri, dsb.

Namun, jika suara burung pleci berada pada karakteristik suara yang ngalas, burung tersebut dapat dimaster dengan burung tledekan, kacer, dsb. Setelah itu, barulah suara gacor atau suara bawaan burung pleci akan keluar.

2. Mengembun Burung Pleci Ketika Subuh

Beberapa pleci mania pasti pernah dan sering melakukan rutinitas yang satu ini sebagai salah satu cara merawat burung pleci agar ngekek. Mengembun pada burung pleci maksudnya ialah mengeluarkan burung pleci dari dalam rumah ketika setelah subuh atau sebelum matahari terbit.

Waktu yang tepat biasanya pukul 5 pagi hingga 6 pagi hari. Rutinitas mengembun ini dilakukan untuk membuat burung pleci merasa segar dengan menghirup udara di pagi hari. Pengembunan pada burung pleci juga dapat membantu burung pleci untuk memiliki pengaturan pernafasan yang baik.

3. Memandikan Burung Pleci Secara Rutin

Setiap burung yang menjadi hewan peliharaan perlu merasakan segarnya air yang menyentuh bulu serta badannya. Cara merawat burung pleci pun perlu melakukan rutinitas mandi untuk kesehatan dan kenyamanan burung pleci. Burung pleci dapat dimandikan ketika pagi atau sore, minimal satu kali dalam satu hari dan maksimalnya dua kali.

Cara mandi burung pleci sama dengan burung lainnya, dapat disemprot menggunakan semprotan air halus atau menyediakan tempat untuk mandi di dalam sangkar burung pleci. Namun untuk cara merawat burung pleci mabung sebaiknya burung pleci tidak dimandikan terlebih dahulu.

4. Menjemur Burung Pleci Setelah Mandi

Burung pleci yang telah dimandikan sebaiknya dijemur terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengeringkan bulu dan tubuh burung pleci yang sedang basah agar cepat kering. Selain itu, berjemur juga bagus untuk kesehatan burung pleci. Karena tidak bagus jika seekor burung yang bahkan bukan burung pleci pun tidak mendapatkan cahaya sinar matahari.

Sinar matahari dapat mengeringkan bulu dan tubuh burung pleci secara perlahan, juga memberikan energi kepada burung pleci agar dapat berkicau dengan gacor dan ngekek. Namun, untuk cara merawat burung pleci mabung sebaiknya pleci tidak dijemur dahulu.

5. Memilih Pakan Burung Yang Bagus

Perawatan burung pleci ini sama seperti dengan cara merawat burung lainnya. Pakan yang baik pasti akan memberikan hasil yang baik pula untuk burung pleci. Pola pemberian pakan yang rutin serta jenis pakan yang diberikan pun menjadi hal yang dibutuhkan untuk perkembangan burung pleci. Selain berfungsi agar pleci cepat gacor dan ngeplong, pakan yang bagus juga berfungsi untuk menjaga kesehatan burung pleci.

6. Menghentikan Pakan Buah Untuk Burung Pleci

Memberikan pakan seperti buah-buahan memang bagus, namun jika ingin pleci segera membuka paruhnya, lebih baik hentikan dulu memberian buah dan berikan doping alami yang mengandung lebih banyak protein.

7. Konsumsi Air Yang Bervariasi Namun Sehat

Air minum yang disajikan untuk burung pleci, sesekali dapat diganti dengan minuman yang dicampur dengan cuka apel yang mengandung asam sitrat. Terkadang air mineral biasa yang memiliki pH terlalu tinggi atau pH terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan pada burung pleci.

Selain itu, menambahkan Bird Mineral pada air yang diminum oleh burung pleci pun bisa dilakukan. Untuk menghindari kemungkinan suara serak yang bisa dialami oleh burung pleci, tak ada salahnya untuk memberikan minuman penyegar pada burung pleci. Minuman penyegar pun baik untuk kesehatan burung pleci.

8. Mengajak Burung Pleci Jalan-Jalan

Membawa burung pleci dalam sangkar untuk berkeliling atau mengunjungi rumah pecinta burung lainnya bukanlah hal yang buruk. Justru, hal-hal seperti ini dapat membuat burung pleci merasa lebih baik. Terlepas dari rasa jenuhnya yang terus-menerus berada di area lingkungan yang sama. Tips merawat burung pleci yang satu ini juga mampu membuat burung pleci semakin percaya diri untuk mengeluarkan suaranya dan berkicau gacor.

9. Mengolonikan Burung Pleci

Tips agar pleci cepat gacor dan ngeplong

Pada kehidupan alam bebasnya, burung pleci merupakan jenis burung yang suka hidup dalam kelompok atau berkoloni. Burung pleci biasa pergi bersama-sama dengan pleci yang lainnya. Seperti mencari makan dan membuat sarang. Ketika memelihara burung pleci, sangat bagus jika burung pleci yang dipelihara sesekali didekatkan dengan burung pleci peliharaan lainnya.

Selain untuk mengembalikan instingnya, hal ini juga dapat menjadi pemicu burung pleci mengeluarkan suara gacornya. Ketika didekatkan dengan burung pleci lainnya, biasanya mereka akan saling bersautan dengan suara merdunya.

10. Memelihara Lebih Dari Satu Pleci

Untuk membuat pleci merasa tidak sendirian, penting untuk mempunyai lebih dari satu pleci di dalam rumah. Karena karakteristik pleci yang hidup berkoloni, tentunya hal seperti ini akan sangat membantu.

11. Mendekatkan Pleci Jantan Dengan Pleci Betina

Biasanya, burung pleci akan lebih cepat untuk membuka paruhnya ketika didekatkan dengan pleci betina. Ternyata, burung pleci pun mempunyai cara tersendiri agar dapat menarik perhatian si betina. Selain itu, hal ini pun memberikan keuntungan agar pleci mau membuka paruhnya.

12. Melatih Pleci Di Kandang Umbaran

Agar membuat burung pleci gacor penting untuk melatih burung pleci kandang umbaran atau kandang yang besar dan luas. Melatih burung pleci di kandang yang luas bertujuan agar si burung dapat dengan bebas mengepakkan sayapnya dan mampu menarik nafas yang lebih panjang. Selain itu, burung pleci juga tidak akan jadi mudah gemuk dan badannya proporsional.

13. Rutin Membersihkan Kandang Burung Pleci

Cara merawat burung pleci lainnya ialah membersihkan kandangnya. Sama seperti burung pleci yang perlu dimandikan, kandangnya pun tentu perlu dibersihkan. Kebersihan kandang burung pleci menjadi kunci utama dari kenyamanan burung pleci sendiri. Kandang yang bersih tentunya akan membuat burung pleci merasa nyaman dan tidak ragu untuk berkicau meskipun di dalam kandang.

14. Memberikan Waktu Istirahat Pada Burung Pleci

Memiliki burung pleci yang bersuara gacor memang idaman semua pleci mania. Namun, burung pleci pun membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan staminanya yang telah dilatih selama seharian. Memosisikan burung pleci saat malam hari dengan cara menempatkannya di tempat yang nyaman untuk beristirahat adalah pilihan yang sangat tepat. Setelah malam tiba, biarlah burung pleci tidur dan beristirahat.

15. Memberikan Doping Alami

Dalam merawat burung pleci bahan yang satu ini terbilang cukup jarang diketahui orang-orang. Memberikan doping alami seperti ulat daun pisang kepada pleci sebanyak 1 ekor setiap 1 sampai 2 kali dalam satu minggu ternyata cukup efektif untuk membuat pleci mau membuaka paruhnya.

16. Membawa Burung Pleci Ke Arena Bertanding

Meskipun burung pleci tidak ikut bertanding, namun penting untuk mengenalkan area pertandingan kepada burung pleci. Selain untuk memotivasi pleci agar mau membuka paruh ketika mendengar suara dari pleci lainnya, juga bisa melatih mental pleci agar terbiasa dengan suasana pertandingan.

17. Meletakkan Kandang Pleci Di Tempat Sejuk

Merawat burung pleci harian

Burung pleci yang terus-menerus diletakkan di luar, bisa saja dimakan oleh predator lain. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa burung pleci ditaruh di bawah rindang sebuah pohon. Cukup agar terkena sepoi-sepoi angin saja, jangan sampai terkena angin yang cukup kencang, karena akan membuat pleci sakit.

18. Melepas Kerodong Pleci Di Malam Hari

Tujuan dibukanya kerodong burung pleci di malam hari ialah agar pleci dapat merasakan udara malam hari dan membuatnya cepat membuka paruh. Namun, jika udara malam hari sangat dingin, lebih baik pasang kembali kerodongnya.

19. Ukuran Sangkar Yang Sesuai

Sesuaikan ukuran sangkar yang cocok untuk si burung. Cara merawat burung pleci harian dengan menempatkannya di kandang yang sesuai mampu membuat burung pleci merasa nyaman.

20. Melakukan Terapi Alam

Membuat burung pleci merasakan alam juga merupakan hal yang penting, pasalnya burung pleci perlu merasakan kehadiran alam disekitarnya agar tidak stress. Contohnya yaitu dengan mendekatkan burung pleci pada suara rintik hujan, air mengalir, dsb.

Itu dia tips dan trik dalam melakukan perawatan burung pleci agar cepat gacor, ngekek, dan ngeplong. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang merawat burung tersebut. Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Zosterops

Tinggalkan komentar