Ciri Khusus Burung Hantu

Bismillahirrahmanirrahim, Ciri khusus burung hantu – Setiap makhluk hidup yang berada di muka bumi ini pastinya memiliki ciri khas yang hanya dimiliki oleh makhluk tersebut. Selama ini pun, manusia hidup dengan selalu memperhatikan ciri khusus yang dimiliki oleh manusia lainnya sebagai upaya untuk mengingat dan membedakan diri dari yang lainnya. Seperti halnya manusia, makhluk lain di muka bumi pun seperti hewan dan tumbuhan memiliki ciri khususnya tersendiri. Bisa berupa bentuk fisik ataupun kebiasaan.

Perbandingan yang biasa dilakukan antar makhluk hidup pun seiring menjadi sebuah kebiasaan yang fasih. Terlebih untuk mengetahui sesuatu yang bisa menjadi ciri khas. Misalnya yaitu c, banyak orang yang ingin mengetahui apa saja yang menjadi ciri ciri khusus burung hantu pada umumnya. Keunikan yang dimiliki burung hantu yang konon katanya menyeramkan, justru membuat para pecinta burung semakin menyukai burung nokturnal satu ini.

Ciri Ciri Khusus Burung Hantu

Beberapa ciri khusus burung hantu di bawah ini dapat membantu para pecinta burung untuk lebih mengenalnya:

1. Kepala Burung Hantu Dapat Berputar 135 Derajat

Kepala burung hantu dapat berputar 135 derajat

Rumor yang beredar sejak dahulu mengenai ciri khas burung hantu dapat memutar kepalanya secara menyeluruh memang sudah tidak asing lagi. Namun ternyata, burung hantu hanya mampu memutar kepalanya pada sampai 135 derajat saja. Sedangkan rumor yang mengatakan bahwa kepalanya dapat berputar hingga 360 derajat ialah hoax atau palsu.

Dengan putarannya yang mencapai 135 derajat, artinya total putaran yang dapat dilakukan burung hantu ialah 270 derajat. Para ilmuwan mengungkapkan bahwa kemampuan yang dimiliki oleh burung hantu ini dikarenakan adaptasi tulang, pembuluh darah dengan reservoir ontraktil, dan jaringan pembuluh darah yang mendukung dan membuat keunikan burung hantu seperti ini.

2. Memiliki Ciri Khas Pada Matanya Yang Tubular

Ciri ciri khas burung hantu

Jika burung pada umumnya memiliki bentuk mata yan bulat, maka ciri khusus burung hantu lainnya ialah bentuk matanya yang berbeda dengan jenis burung lainnya. Bentuk mata yang dimiliki burung hantu menyerupai tabung yang masuk ke dalam tengkoraknya. Oleh karena itu pula, burung hantu dapat melihat dengan cara memutar kepalanya. Kondisi mata burung hantu yang unik ini dapat membantu burung hantu untuk melihat dalam gelap dan melihat dalam radius jarak pandang secara jelas. Namun, pandangan burung hantu dari jarak dekat cenderung tidak fokus atau buram.

3. Dapat Melihat Dalam Kegelapan

Keunikan mata tubular burung hantu memang memiliki fungsinya sendiri. Ciri khusus burung hantu selanjutnya yaitu fungsi mata tubularnya yang mampu melihat dalam kegelapan. Mengapa burung hantu memiliki mata yang mampu melihat dalam kegelapan? Hal ini sudah pasti merupakan kodrat alam mutlak yang berkaitan dengan kehidupan burung hantu yang aktif pada malam hari. Dimulai dari mencari mangsa hingga mencari tempat persembunyian baru, burung hantu tentu akan melakukannya pada malam hari sebagai burung nokturnal.

Baca juga: Cara menjinakkan burung hantu

4. Pendengaran Burung Hantu Yang Tajam

Tidak hanya penglihatan jarak jauhnya yang mampu dijadikan ciri ciri khusus burung hantu, namun ternyata pendengaran tajamnya pun sangat dapat diandalkan. Seekor burung hantu mampu mendengar suara mangsanya yang berada di bawah tanah, dibalik tanaman, bahkan di dalam tumpukan salju. Keunikan ini disebabkan oleh bentuk telinga burung hantu yang asimetris dan terletak jauh dari kepala.

5. Memiliki Bentuk Wajah Yang Unik

Wajah burung hantu yang unik

Yang dinamakan dengan ciri khusus pastinya tidak dimiliki oleh yang lainnya. Burung hantu memiliki bentu kepala yang berbeda dengan jenis burung lainnya. Jika jenis burung lain memiliki bentuk kepala yang berbentuk seperti topeng dengan tatapan mata yang berada di kedua sisinya, ciri khusus pada burung hantu menampakkan wajah burung hantu yang menyerupai bentuk love dengan tatapan ke depan yang sama dengan tatapan manusia.

Dengan bentuk wajah dan tatapan seperti itu, maka tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa burung hantu sangat seram dan susah untuk didekati.

6. Bentuk Paruh Unik

Bentuk paruh burung hantu yang unik

Ciri khusus burung hantu berikutnya ialah bentuk paruhnya. Burung hantu memiliki paruh yang berbentuk bengkok ke bawah dan tajam. Bentuk paruh ini berfungsi untuk membantu burung hantu dalam menangkap mangsa dan memakan mangsanya.

7. Selalu Mengepakkan Sayap Dengan Lembut

Kepakkan sayap burung hantu

Bulu-bulu yang menempel pada sayap burung hantu sangatlah lembut. Saking lembutnya bulu yang terletak pada sayapnya itu, mampu memecah turbulensi menjadi arus yang lebih kecil, sehingga suara kepakkan sayapnya ketika terbang tidak dapat terdengar. Bulu lembut tersebut berfungsi untuk meredam suara yang dikeluarkan ketika burung hantu terbang dan mengepakkan sayapnya.

8. Kemampuan Untuk Berkamuflase

Ternyata, bukan hanya iguana yang mampu untuk berkamuflase, burung hantu pun juga mempunyai kemampuan untuk berkamuflase. Hal seperti ini lah yang tentu saja dapat dikatakan sebagai ciri khusus pada burung hantu, karena jenis burung lain tidak dapat melakukan kamuflase.

9. Memiliki Suara Yang Mencekik Dan Bising

Meskipun dikenal dengan jenis burung pendiam dan bukan jenis burung kicau, ternyata ciri khusus burung hantu selanjutnya yaitu suaranya yang mampu membuat bising dan sangat mengganggu. Burung hantu dapat mengeluarkan beragam jenis suara, seperti pekikan hingga deritan. Sebagai contoh, ketika sarang burung hantu sedang terancam, maka ia akan mengeluarkan suara derit yang sangat keras sehingga menimbulkan kebisingan dan mengganggu telinga.

10. Berkembang Biak Dengan Bertelur

Seperti halnya jenis burung pada umumnya, meskipun burung hantu terkenal dengan berbagai macam mitos yang menyeramkan dan tidak masuk akal. Namun, fakta bahwa burung hantu merupakan hewan unggas yang berbulu dan berkembang biak dengan cara bertelur tidak dapat diganggu gugat. Telur yang dihasilkan oleh burung hantu betina berwarna putih dan cangkangnya keras.

11. Pakan Burung Hantu Yang Beragam

Burung hantu merupakan jenis burung yang mampu memakan pakan yang lebih ekstrem dibandingkan jenis burung lainnya. Namun, secara normal biasanya burung hantu akan diberikan pakan berupa jangkrik. Pemberian pakan jangkrik dapat diberikan ketika pagi dan malam hari. Untuk membuat burung hantu lebih dekat dengan pemiliknya, maka akan lebih bagus jika pada saat pemberian makan, pakan diberikan secara langsung seperti menyuapi burung hantu tersebut.

Pakan ekstrem yang mungkin sedikit berbeda dengan burung lainnya yaitu ikan ikan kecil, tikus kecil, dan burung yang lebih kecil dari burung hantu. Memang terdengar seperti kanibal, namun ciri khusus burung hantu memang mampu untuk memakan burung burung jenis lain yang berukuran lebih kecil dari dirinya.

Baca juga: Makanan burung hantu

12. Jauhkan Tempat Yang Panas Dari Burung Hantu

Pada habibat aslinya, burung hantu merupakan burung nokturnal yang aktif mencari mangsa ketika malam tiba. Burung hantu tidak akan ada di dalam sarangnya sepanjang malam dan akan kembali bersembunyi di dalam sarangnya sepanjang matahari berada. Namun, ketika burung hantu menjadi burung peliharaan, biasanya ia akan tetap terjaga pada siang hari.

Meski begitu, burung hantu tidak boleh terkena panas yang menyengat saat siang tiba. Hal ini dikarenakan oleh sifat asli burung hantu pada habitatnya untuk menjauhi sinar matahari langsung. Jadi, pastikan burung hantu yang menjadi peliharaan tidak dijemur saat siang hari.

Dari beberapa ciri khusus burung hantu di atas, mungkin ada beberapa yang memang sangat istimewa dan beberapa menjadi umum pada jenisnya. Apakah Anda memiliki ketertarikan untuk memiliki seekor burung hantu sebagai teman di dalam rumah?

Tinggalkan komentar