Jenis-Jenis Burung Kenari

Daftar Isi:

Bismillahirrahmanirrahim, Burung kenari berasal dari kepulauan Canary. Maka dari itu, burung ini disebut dengan kenari, sesuai habitat aslinya dan merupakan salah satu burung primadona pada masanya. Namun, pamornya mulai turun saat burung-burung kicau jenis baru seperti burung lovebird.

Meskipun pamornya mulai turun di pasar tanah air, namun masih ada penggemar burung kenari hingga sampai saat ini. Bahkan, tidak hanya sekedar memeliharanya saja, akan tetapi juga diikutkan lomba.

Jenis-Jenis Burung Kenari

Ada banyak sekali jenis burung kenari yang bisa anda pelihara dan diikutkan lomba. Akan tetapi, hanya ada 25 jenis burung kenari yang bagus untuk lomba. Jika Anda seorang pemula, Anda sangat membutuhkan informasi ini, agar Anda dapat memenangkan ajang kontes. Berikut informasinya yang telah dirangkum Alam Burung

1. Burung Kenari Yorkshire (Yorkshire Canary)

Jenis burung kenari yorkshire
Burung Kenari Yorkshire

Merupakan burung kenari import dan dibanggakan karena postur tubuhnya yang tegap dengan kaki yang panjang. Yorkshire memiliki panjang tubuh 16 cm. Yorkshire dapat ditemui di Eropa, Jerman, Inggris, dan lainnya.

Kenari Yorkshire merupakan persilangan antara kenari Belgia dan Lancashire. Warna Yorkshire dominan keemasan sehingga membuat burung ini terlihat elegan. Harga burung kenari Yorkshire dijual dengan harga yang fantastis, yaitu sekitar 7 juta hingga 10 juta.

2. Burung Kenari American Singer (American Singer Canaries a.k.a Yellow Variegated Canaries)

Jenis burung kenari gacor american singer
Burung kenari american singer

Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika kenari jenis ini adalah kenari penyanyi. Pasalnya, kenari American Singer merupakan hasil persilangan antara kenari Roller dan kenari Border. Persilangan tersebut menghasilkan jenis baru yang memiliki keunggulan tersendiri yaitu postur tubuh yang bagus dan suara yang merdu. Jenis ini dibanderol dengan harga 1 hingga 2 juta per ekornya.

3. Burung Kenari Kepala Hitam (Black-Headed Canaries)

Jenis burung kenari untuk lomba black-headed canaries
Sumber: pers-birding-pages.com

Kenari jenis ini memang memiliki kepala berwarna hitam. Uniknya, sangat mudah membedakan antara burung jantan dan betinanya. Burung jantan memiliki warna kepala yang hitam, leher dan dada atas hitam, serta membentuk huruf V terbalik. Ekor berwarna cokelat, dan ujung sayap berwarna hitam. Burung jantan juga terlihat lebih tegas dibandingkan dengan betina.

Sedangkan betinanya memiliki warna kepala abu-abu. Kemudian, ekor dan tepi sayapnya berwarna cokelat kusam. Ukuran tubuh burung betina lebih kecil dibandingkan dengan yang jantan.

4. Burung Kenari Belgia (Belgium Canaries)

Burung kenari belgia
Sumber: lakelandbirdkeepers.co.uk

Burung kenari belgia termasuk burung yang tua dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan jenis-jenis kenari yang baru. Banyak pecinta burung yang memelihara kenari Belgia karena postur tubuhnya seperti bulan sabit. Selain itu, suaranya juga sangat merdu. Maka tidak heran, jika kenari Belgium dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu 2 sampai 3 jutaan.

5. Burung Kenari Border (Border Canaries a.k.a Border Fancy Canary)

Burung kenari border
Burung kenari border

Ingat kartun dengan ikon Tweety? Ya, seperti itulah mungil dan menggemaskannya kenari Border. Kenari Border memiliki bentuk tubuh yang bulat dengan panjang tubuh 13 cm saja. Warna bulunya yaitu kuning atau kombinasi kuning dan cokelat.

Kenari border bisa hidup berdampingan dengan jenis burung kenari lainnya. Akan tetapi, kenari ini tidak bisa hidup dengan burung lain seperti lovebird dan parkit karena dapat menyebabkannya stress.

Harga burung kenari border sangat terjangkau. Untuk anakan kenari border dibanderol mulai 700 hingga 900-an saja. Sedangkan untuk yang dewasa, dibanderol 1,5 hingga 2 jutaan.

6. Burung Kenari Cinnamon (Cinnamon Canaries)

Cinnamon Canaries, burung kenari mungil
Sumber: cageandaviarybirds.co.uk

Kenari Cinnamon menambah daftar deretan burung kenari berbadan mungil, hanya 14 sampai 16 cm saja. Kendati demikian, harga kenari cinnamon lumayan mahal, yakni 1 hingga 2 jutaan.

Kenari Cinnamon memiliki warna cokelat kemerahan dengan kombinasi warna kuning. Kenari cinnamon jantan memiliki warna hitam. Sedangkan yang betina memiliki warna muda pada bagian matanya.

7. Burung Kenari Crest (Crested Canaries)

Crested Canaries, burung kenari paling tua
Sumber: clbbirds.com

Perlu Anda tahu, bahwa kenari Crest termasuk ke dalam jenis kenari tua karena sudah ada sejak tahun 1950-an. Ciri khas yang paling menonjol dari kenari ini adalah jambulnya yang menjuntai panjang hingga ke bagian mata dan juga memanjang ke arah belakang kepala. Jambul tersebut berbulu lebat dan halus.

Tidak hanya burung kenari crest yang memiliki mahkota tersebut, namun jenis lainnya juga memilikinya seperti Gloster Canary, Crested Stafford Canary, Crested Norwich Canary, dan Crested Lancashire Canary.

8. Burung Kenari Fife Fancy (Fife Fancy Canary a.k.a Fife Canary)

Fife Fancy banyak dikembangkan bukan karena suara atau warnanya. Akan tetapi karena postur tubuhnya yang unik. Burung yang berasal dari Skotlandia ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Banyak peternak yang mengembangkan jenis burung kenari ini karena bentuknya yang imut dan mungil. Kelebihan inilah yang menjadikan Fife Fancy diidolakan oleh pecinta burung di Eropa.

9. Burung Kenari Frill (Frilled Canaries)

Kenari Frill memiliki bulu yang bergelombang. Sekilas, bulu burung kenari jenis ini seperti acak-acakan dan tidak terawat. Akan tetapi, penampilannya tersebut menjadikannya terlihat lucu dan unik.

Kenari frill memiliki tubuh yang lumayan besar, yaitu 21 sampai 23 cm. Warnanya pun bervariasi, seperti hijau, kuning, putih, coklat, dan kombinasi antara warna-warna tersebut. Seekor burung kenari Frill dihargai 1,7 sampai 2 jutaan.

10. Burung Kenari Roller Jerman (German Roller Canaries)

Anda mencari burung penyanyi yang handal? Sebaiknya Anda pilih Kenari Roller Jerman. Sangat mudah untuk mengenail kenari roller jerman karena warnanya didominasi warna kuning. Dan pada bagian lehernya terdapat bulu yang menggembung.

Jenis ini banyak dikembangkan di Belgia dan Belanda. Agar Roller Jerman semakin handal dalam bernyanyi, Anda harus melatihnya sesering mungkin. Dengan kelebihannya tersebut, burung kenari jenis roller jerman dibanderol dengan harga yang terjangkau, sekitar 700 hingga 1 juta.

11. Burung Kenari Gloster (Gloster Canaries a.k.a Gloster Fancy Canary)

Yang paling menarik dari kenari gloster adalah jambulnya yang disebut dengan “Corona”. Walaupun ada juga tipe kenari Gloster yang tidak memiliki jambul yang disebut dengan “Consort”. Perbedaan diantara keduanya hanya pada jambulnya saja.

Burung kenari gloster memiliki bentuk tubuh yang mungil dan bulat, hanya berukuran 10,5 sampai 11 cm saja. Jenis ini memiliki warna bulu hijau dan coklat. Walaupun demikian, kenari gloster memiliki suara yang merdu. Namun, harganya masih terjangkau. Untuk anakannya dibanderol dengan harga 700 ribu, sedangkan untuk yang dewasa dibanderol 1 juta sampai 1,5 juta.

12. Burung Kenari Lancashire (Lancashire Canaries)

Burung kenari lacashire hampir mirip dengan kenari gloster. Pada bagian kepalanya terdapat jambul yang melingkari kepalanya. Akan tetapi jenis lanchasire memiliki jambul yang lebih tipis dibandingkan dengan gloster.

Burung kenari jenis lancashire memiliki warna dominan kuning di seluruh tubuhnya. Bulunya lembut dengan ekor yang panjang, dan tubuhnya yang tegak, menambah kecantikan pada burung ini. Jika Anda ingin memeliharanya, Anda membutuhkan dana 5 hingga 8 juta.

13. Burung Kenari Lizard (Lizard Canaries)

Kenapa burung ini dinamakan dengan kenari lizard? Karena secara sekilas motif dada dan punggungnya yang mirip dengan kadal. Lizard Canaries memiliki panjang tubuh sekitar 13 hingga 14 cm. Dan pada bagian kepalanya terdapat rambut yang menyerupai topi. Akan tetapi tidak semua kenari lizard memiliki ciri ini. Burung kenari lizard dibanderol mulai 800 ribu hingga 1,5 juta.

14. Burung Kenari Norwich (Norwich Canaries)

Jika burung kenari dipelihara karena keindahan suara dan warnanya, maka tidak berlaku untuk jenis kenari Norwich. Sebab, jenis yang ini tidak memiliki keunggulan dari segi suara atau pun warna bulunya. Akan tetapi, burung kenari norwich memiliki keunggulan dari segi jambul yang dimilikinya.

Burung ini seolah memiliki rambut yang disisir ke arah belakang dan juga menutupi bagian matanya. Nilai estetika itulah yang dimiliki oleh burung kenari norwich. Panjang tubuh jenis ini adalah 15 cm, dengan warna bulu yang bermacam-macam seperti hijau, kuning, dan putih.

Kenari norwich dapat diberi makanan seperti reep speed, canary speed, kuning telur, dan sayuran segar. Sayangnya, kenari norwich termasuk burung yang rentan terhadap penyakit. Maka dari itu jangan biarkan burung ini tinggal di udara yang lembab dan dingin.

Untuk jenis Norwich ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu berjambul dan polos atau standard. Jika Anda tertarik memiliki kenari norwich ini, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai 1 juta hingga 3 juta.

Baca juga: Makanan terbaik untuk burung kenari

15. Burung Kenari Parisian Frill (Parisian Frill Canaries)

Dikenal sebagai kenari paris, Parisian Frill Canaries dikembangkan untuk menonjolkan sisi penampilannya. Namun, bukan berarti burung ini tidak bisa bernyanyi seperti burung kenari lainnya. Hanya saja, sisi yang ditonjolkan dari burung ini memang dari penampilannya yang unik.

Pada bagian kepala, burung kenari jenis parisian frill memiliki topi. Tidak hanya itu, burung ini juga memiliki bulu kerah pada bagian lehernya. Bulu ekornya pun berjumbai, mempertegas penampilan uniknya.

16. Burung Kenari Red Factor (Red Canary a.k.a Red Factor Canary, Red Factor Crested Canary, Red Lipochrome Color Canary, Clear Red Canary, Color-Bred Canary, Colorbred Canary)

Sama seperti namanya, kenari red factor memiliki dominasi warna merah pada bagian tubuhnya. Walaupun paruh dan lehernya pendek, jenis red factor memiliki sayap dan ekor yang panjang.

Warna merah cerah dari kenari red factor inilah yang membuatnya terlihat cantik. Sayangnya, jenis ini sangat sulit untuk dibudidayakan. Hanya peternak professional yang sanggup membudidayakannya.

Walaupun tidak memiliki kelebihan dari segi suara, burung kenari red factor dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu 1,5 sampai 3 juta rupiah. Dan harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

17. Burung Kenari Hartz Mountain (Roller Canaries a.k.a German Roller Canary, Hartz Mountain Roller Canary)

Kenari Hartz Mountain dibudidayakan di Pegunungan Hartz oleh sekelompok keluarga yang secara khusus membudidayakannya. Jenis ini dikembangkan sebagai “Song Canary” karena suaranya yang indah.

Mereka melatih jenis ini dengan cara memasukkannya ke dalam kandang kecil. Kemudian, memperdengarkannya dengan suara-suara burung yang indah. Namun, seiring bertambahnya jaman, mereka tidak lagi menggunakan burung sebagai pelatih suara, akan tetapi menggunakan piringan hitam atau kaset.

18. Burung Kenari Scotch Fancy (Scottish Canaries)

Jenis ini banyak dikenal di Inggris dan juga Skotlandia. Scotch Fancy memiliki postur tubuh yang tidak jauh berbeda dengan kenari belgia. Hanya saja, ukuran tubuhnya lebih kecil jika dibandingkan dengan kenari belgia. Selain itu, yang menarik dari burung ini adalah suaranya yang merdu. Maka tidak heran jika harga kenari scotch fancy dibanderol 1,5 sampai 2 jutaan.

19. Burung Kenari Spanish Timbrado (Spanish Timbrado)

Jika Anda seorang pemula dan sedang mencari burung kenari yang harganya terjangkau, tidak ada salahnya jika Anda membeli burung kenari jenis spanish timbrado. Karena jenis ini dibanderol dengan harga yang terjangkau mulai dari 900 ribu hingga 1,5 jutaan.

Spanish Timbrado memiliki daya tarik tersendiri di kalangan pecinta burung hias, karena dadanya yang lebar dan juga tegap. Ekornya memiliki bentuk V. Dan juga memiliki 2 warna pada tubuhnya. Selain itu, burung ini termasuk salah satu jenis kenari import.

20. Burung Kenari Stafford (Stafford Canaries)

Stafford Canary adalah jenis burung kanari hasil dari perkembangbiakan oleh sekelompok orang yang dinamakan Deutche Koife. Sekelompok orang ini menginginkan burung kenari warna dan memiliki jambul.

Maka, lahirlah jenis stafford canary yang berwarna red dan rose hasil persilangan antara burung kenari gloster dan red factor. Dan benar saja, jenis persilangan baru ini mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Eropa.

21. Burung Kenari Waterslager (Waterslager Canaries a.k.a Water Singer, Belgian Waterslager Song Canary, Malinois Canary, Waterslager Song Canary)

Berbeda dengan jenis kenari lainnya, kenari waterslager memiliki nyanyian merdu dengan suara kecil hingga medium. Beberapa contoh nyanyiannya adalah denting bell, tetesan air, siulan seruling, dan riak. Keunikannya ini menjadikan burung kenari waterslager populer sepanjang sejarah bahkan sampai saat ini.

22. Burung Kenari Dada Kuning (Yellow-Fronted Canaries)

Burung kenari dada kuning atau yellow-fronted canaries disinyalir berasal dari Benua Afrika. Tepatnya di dataran hutan yang tandus dan panas. Maka, tidak heran jika burung jenis ini kuat hidup di daerah dengan cuaca yang panas, karena habitat aslinya memang demikian.

Meskipun memiliki badan yang kecil sekitar 11-13 cm, burung kenari dada kuning mampu hidup hingga usia 15 sampai 20 tahun. Banyak dikembangkan di Gurun Sahara Afrika Selatan, di lahan terbuka, hidup berkoloni dan membuat sarangnya di atas pohon. Seekor burung kenari dada kuning dapat menghasilkan 3-4 butir telur. Jenis ini menjadi salah satu primadona karena suaranya yang kencang mirip dengan jenis blackthroat.

23. Burung Kenari Gibber Italicus

Bagi orang awam, burung kenari gibber italicus seperti burung yang cacat dan tidak terawat. Akan tetapi, burung ini memang memiliki postur tubuh yang demikian. Bulu burung tumbuh acak-acakan dengan leher panjang yang condong ke depan. Pada bagian kaki juga panjang dengan postur tubuh yang tegak.

Terlepas dari bentuk tubuhnya yang terlihat seperti burung cacat, namun itulah sisi daya tariknya. Jika Anda berminat untuk memelihara burung kenari ini, siapkan dana sekitar 1 hingga 2 juta.

24. Burung Kenari Japan Hoso

Sedang mencari indukan kenari yang bagus? Mungkin Anda harus membeli burung kenari japan hoso. Pasalnya, japan hoso merupakan tipe burung kenari yang tak kenal lelah merawat dan memberi makan pada anak-anaknya.

Kenari jenis japan hoso memiliki tubuh yang mungil dengan ukuran 11-11,5 cm. Kepalanya kecil dengan bentuk semi bundar, dan pada bagian lehernya kurus memanjang. Jika burung kenari japan hoso berdiri, maka tubuhnya akan terlihat bungkuk seperti bulan sabit. Ekor burung ini juga panjang, mempercantik tampilannya.

25. Burung Kenari Rusia

Kenari rusia dikenal sebagai burung yang cerdas. Pasalnya, burung ini mampu mengingat dan menirukan suara yang didengar. Seperti namanya, burung ini berasal dari daratan Rusia yang memiliki cuaca dingin. Seiring berjalannya waktu, burung ini dikembangbiakkan di seluruh belahan bumi.

Warna asli dari burung ini adalah putih. Akan tetapi saat ini, kenari rusia memiliki warna oranye atau kombinasi antara warna putih dan oranye. Untuk mendapatkan burung ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar 1,5 hingga 3 juta rupiah.

Nah, itulah 25 jenis burung kenari dan harganya yang bagus untuk lomba. Apakah Anda tertarik untuk membeli salah satunya? Silahkan Anda siapkan budget yang sesuai dengan jenis kenari yang Anda inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Tinggalkan komentar