Jenis Burung Lovebird

Bismillahirrahmanirrahim, Jenis burung lovebird – Lovebird merupakan burung yang masih satu keluarga dengan burung nuri. Kebanyakan spesies burung lovebird berasal dari Afrika. Setidaknya ada 9 spesies yang berhasil diidentifikasi. Sedangkan sisanya adalah hasil persilangan.

Mungkin Anda penasaran, sebenarnya ada apa saja sih jenis-jenis burung lovebird? Karena antusias masyarakat terhadap burung cinta ini sangat tinggi, sudah barang pasti jenisnya tidak sedikit. Karena biasanya peternak akan melihat peluang yang bagus jika memperbanyak jenis-jenis baru yang disukai oleh pelanggan. Nah, artikel kali ini akan menjawab rasa penasaran Anda. Ini dia 30+ jenis burung lovebird yang bagus untuk dipellihara.

Jenis-Jenis Burung Lovebird Dan Harganya

Ada banyak sekali jenis-jenis burung lovebird asli dan hasil persilangan di bawah ini. Untuk Anda yang ingin memelihara lovebird, wajib tahu.

1. Lovebird Pale Fallow

Lovebird fallow, Jenis burung lovebird yang mahal

Pale fallow bukanlah spesies asli, melainkan hasil persilangan antara albino dan latino. Persilangan ini menghasilkan lovebird jenis baru yang memiliki keunikan pada bagian matanya. Ciri khas dari lovebird pale fallow adalah warna matanya yang merah. Meskipun harga lovebird saat ini turun, akan tetapi harga pale fallow tetap stabil. Bahkan harganya merangkak naik karena keunikannya tersebut. Pale fallow dijual mulai harga Rp. 300 ribuan.

2. Lovebird Muka Salem

Jenis burung lovebird muka salem
Sumber: Jalaksuren.net

Disebut lovebird muka salem karena wajah lovebird ini berwarna peach. Jenis ini banyak ditemukan di padang pasir Afrika Barat Daya, tepatnya di Gurun Namib. Ciri dari jenis ini adalah dominasi warna hijau, wajah yang berwarna merah muda, dan pantat yang berwarna biru. Harga lovebird muka salem sangat terjangkau, mulai dari Rp. 200 ribuan.

Baca juga: Jenis jenis burung kenari

3. Lovebird Fischer

Lovebird fischer, Jenis burung lovebird yang mahal

Lovebird Fishcer berasal dari penjelajah Jerman yang bernama Gustav Fischer. Punggung dan dada fischer berwarna hijau dan wajahnya berwarna oranye. Kemudian, pada bagian lehernya berwarna kuning dan atas kepalanya berwarna zaitun.

4. Lovebird Topeng

Lovebird topeng

Nama lain dari lovebird topeng adalah lovebird kuning-berkerah. Karena pada bagian lehernya terdapat bulu berwarna kuning yang menonjol seperti kerah. Namun, ada pula yang tidak berwarna kuning pada kerahnya. Lovebird topeng memiliki warna wajah yang hitam seperti menggunakan topeng.

5. Lovebird Berkerah Hitam

Lovebird berkerah hitam
Sumber: Thegorbalsla.com

Berbeda dengan lovebird topeng yang berkerah kuning, lovebird yang satu ini memiliki bulu leher berwarna hitam. Bernama lain lovebird Swindern, jenis ini sangat mudah ditemukan di hutan hujan ekuatorial Afrika, di Kongo-Kinshasa, Kongo-Brazzaville, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Liberia, Uganda, dan Pantai Gading.

Burung dengan panjang tubuh 13,5 cm ini sayangnya tidak cocok untuk dijadikan hewan peliharaan. Pasalnya, lovebird berkerah hitam membutuhkan makanan khusus yang sangat sulit untuk didapatkan.

Baca juga: Makanan Burung Lovebird

6. Lovebird Abisinia

Lovebird abisinia

Lovebird abisinia mudah ditemukan di Eritrea dan Ethiopia. Ciri khas yang paling menonjol adalah warna hitam di bagian bawah sayap dan juga warna merah di dahi dan sekitar mata. Sayangnya, warna merah tersebut hanya ada pada lovebird abisinia jantan.

7. Lovebird Nyasa

Lovebird nyasa

Jika Anda mencari burung dengan ukuran mungil, Anda dapat memilih lovebird nyasa. Karena tubuhnya yang paling kecil dari genusnya, yaitu kurang dari 13 cm. Nyasa memiliki wajah berwarna kemerahan, bagian kepala dan leher berwarna oranye, dan tubuh bagian depan serta belakangnya berwarna hijau.

8. Lovebird Pipi Hitam

Lovebird pipi hitam

Lovebird pipi hitam adalah spesies yang terancam punah. Anda hanya akan menemukan spesies ini di perbatasan antara Namibia, Zambia, dan Bostwana. Ciri dari spesies ini adalah bagian badan depan dan punggung berwarna hijau, cincin berwarna putih pada bagian matanya, dan panjang tubuh sekitar 14 cm.

9. Lovebird Muka Merah

Lovebird muka merah
Sumber: Tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, jenis burung lovebird ini memiliki warna muka yang merah. Jenis ini mudah ditemukan hampir di seluruh Afrika. Lovebird jantan memiliki warna merah yang lebih jelas dibandingkan dengan betinanya. Panjang tubuhnya mencapai 15 cm.

10. Lovebird Madagaskar

Lovebird madagaskar

Sama seperti lovebird nyasa, lovebird madagaskar adalah salah satu spesies bertubuh mungil. Ini adalah satu-satunya spesies asli dari Madagaskar. Keunikan dari jenis burung lovebird ini terletak dari warna tubuhnya. Saat tumbuh menjadi lovebird dewasa, warna tubuhnya akan berbeda dengan warna tubuhnya saat masih kecil.

11. Lovebird Lutino

Lutino adalah salah satu jenis lovebird termahal. Jenis ini hasil mutasi genetik dari ras muka salem. Kendati demikian, lutino sangat berbeda dengan ras aslinya dari segi mana pun. Lutino memiliki tubuh yang cukup besar yaitu 16 sampai 18 cm. Seluruh tubuh lutino berwarna kuning, namun pada bagian wajahnya berwarna oranye. Lutino memiliki mata hitam namun ada pula yang berwarna merah.

Lovebird lutino dibanderol Rp. 400 ribu untuk usia 2-3 bulan. Sedangkan usia 5-6 bulan harganya Rp. 700 ribu. Namun, pada tahun 2017 ada peningkatan harga untuk lutino mata hitam dan mata merah. Lutino mata hitam dijual seharga Rp. 350-700 ribu. Sedangkan lutino mata merah dijual seharga Rp. 550 ribu – Rp. 800 ribu.

12. Lovebird Blorok

Sedang mencari burung yang unik? Lovebird blorok jawabannya. Blorok adalah hasil rekayasa genetika sehingga menghasilkan spesies baru dengan warna bulu yang unik. Bulunya perpaduan dari berbagai warna, namun tidak memiliki pola yang pasti. Oleh karena itu lovebird blorok sangat unik. Sangat sedikit peternak yang mengembangbiakkan jenis ini. Maka tidak heran jika harganya mahal dan langka. Blorok sendiri ada banyak jenisnya, seperti blorok biru, violet, blue series, dan lutino. Lovebird blorok dibanderol Rp. 750.000 sampai Rp. 1.500.000.

13. Lovebird Cobalt

Lovebird cobalt paling mudah dibedakan dari jenis burung lovebird lainnya. Karena jenis ini memiliki warna bulu berwarna biru. Akan tetapi, pada bagian kepala dan lehernya berwarna abu. Lovebird cobalt dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu berkisar Rp. 450 ribu – Rp. 750 ribu.

14. Lovebird Albino

Seperti hewan-hewan albino pada umumnya, warna bulu lovebird albino adalah putih polos. Jenis ini sangat cocok untuk Anda yang tidak suka dengan warna-warna yang terlalu mencolok. Lovebird albino sangat cantik untuk dipelihara. Lovebird albino mata hitam dibanderol Rp. 500 ribu – Rp. 700 ribu. Sedangkan albino mata merah dibanderol Rp. 500 ribu – Rp. 1 juta.

15. Lovebird Biru Mangsi

Spesies yang satu ini sangat cantik. Biasanya, lovebird didominasi oleh warna hijau atau kuning. Tetapi lovebird biru mangsi berwarna biru samudra pada bagian sayap dan tubuh. Sedangkan pada dada, leher, dan paruhnya berwarna putih. Di kepalanya terdapat tudung yang berwarna hitam. Lovebird biru mangsi dibanderol Rp. 500.000 untuk lolohan dan Rp. 2.000.000 untuk kelas champion.

16. Lovebird Violet

Secara kasat mata, lovebird violet tidak jauh berbeda dengan lovebird cobalt dan biru mangsi. Akan tetapi, lovebird violet dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan cobalt dan biru mangsi. Spesies ini memiliki warna tubuh violet atau biru gelap dengan leher dan dada berwarna putih. Kemudian ada warna hitam pada tudung kepala, ujung sayap, punggung, dan kaki. Harga jual lovebird violet berbeda-beda tergantung dari usianya. Namun dijual mulai harga Rp. 400 ribu – Rp. 800 ribu.

17. Lovebird Batman

Anda pasti tahu warna khas dari Batman. Ya, warna hitam. Itulah mengapa jenis burung lovebird satu ini dinamakan lovebird batman. Karena seluruh tubuhnya berwarna hitam. Hanya pada bagian leher dan matanya saja yang berwarna putih dengan paruh putih kekuningan. Lovebird dewasa dijual dengan harga Rp. 900 sampai Rp. 1,3 juta. Sayangnya, lovebird batman terus mengalami penurunan harga. Bahkan, ada yang menjualnya dengan harga Rp. 300 ribu sampai Rp. 700 ribu.

18. Lovebird Merah

Jika lovebird batman memiliki warna dominasi hitam, lovebird merah memiliki dominasi warna merah. Sayangnya, sangat sulit menemukan spesies lovebird ini. Banyak yang beranggapan bahwa lovebird merah tidak benar-benar ada. Atau kemungkinan yang kedua yaitu spesiesnya yang sangat langka sehingga sulit untuk dijumpai.

19. Lovebird Misty

Lovebird misty menambah deretan lovebird hasil mutasi genetik yang memiliki warna unik, yaitu “mist” atau kabut. Tubuhnya didominasi warna kabut yang lusuh. Namun akan memancarkan efek kemerahan jika terkena cahaya matahari. Selain berwarna kabut, lovebird misty juga ada yang berwarna kuning mengkilap dengan kepala dan ekor berwarna hitam. Lovebird mistry dijual dengan harga Rp. 700.000 sampai Rp. 2.000.000.

20. Lovebird Australian Cinnamon

Sebenarnya, lovebird australian cinnamon sangat mirip dengan lovebird pastel. Akan tetapi, jika keduanya disandingkan, australian cinnamon memiliki warna yang lebih kalem dibandingkan lovebird pastel.

21. Lovebird Olive

Jenis burung lovebird olive adalah jenis yang paling diminati di Indonesia. Karena jenis ini memiliki kombinasi 3 warna sekaligus, yaitu oranye, kuning, dan hijau. Perlu Anda ketahui, lovebird olive adalah ras murni dan sangat mudah untuk ditemukan karena populasinya yang cukup banyak. Lovebird olive dijual dengan harga Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000.

22. Lovebird Halfsider

Halfsider bukanlah ras asli, melainkan hasil mutasi genetik antara paruh hitam dan paruh putih. Namun, hingga saat ini belum ada jawaban yang pasti mengapa halfsider memiliki perpaduan warna antara satu dengan lainnya.

Halfsider biasanya lahir dengan warna pastel, kuning, biru, hijau, dan pastel biru. Namun, ini adalah hasil dari sepersekian perkawinan. Sehingga populasinya sedikit dan langka. Jadi, tidak mengherankan jika harga lovebird halfsider terbilang mahal. Bayangkan saja, jika harga lovebird pada umumnya hanya berkisar Rp. 750 ribuan saja, maka lovebird halfsider dibanderol 20x lipatnya. Sangat mahal bukan?

23. Lovebird Euwing

Sekilas, euwing memang seperti ras asli. Akan tetapi, euwing bukanlah ras asli. Ia adalah hasil perkawinan dari lovebird lutino dan lovebird hijau. Anakan yang dihasilkan memang mirip dengan ras asli. Akan tetapi warna hijaunya lebih dominan.

Euwing adalah akronik dari Eumelanin dan Wing yang berarti ada peningkatan eumelanin pada bagian sayapnya, yang mengakibatkan warnanya lebih gelap dibandingkan dengan sayap lovebird pada umumnya. Harga lovebird euwing sekitar Rp. 13 juta hingga Rp. 17 juta.

24. Lovebird Dakori

Dakori memiliki warna dasar seperti ras asli, akan tetapi kepalanya berwarna hitam. Lovebird dakori jika dibandingkan dengan dakocan akan terlihat sama. Namun, dakori memiliki warna hitam pada bagian lehernya. Dakori terkenal karena gacor dan ngerol. Sayangnya, burung jenis ini sangat ringkih sehingga membutuhkan perawatan extra.

Baca juga: Cara merawat burung lovebird

25. Lovebird Dakocan

Lovebird dakocan sangat berbeda dengan lovebird pada umumnya. Dakocan lebih menyukai hidup secara kolektif untuk menghindari predator. Uniknya lagi, lovebird dakocan memiliki warna tubuh dominan hijau. Semakin ke atas semakin berwarna oranye. Kemudian, pada bagian paruhnya berwarna merah. Padahal kebanyakan lovebird memiliki paruh berwarna putih. Dan pada bagian cakarnya berwarna hitam.

26. Lovebird Biola

Apa yang Anda bayangkan jika mendengar lovebird biola? Mirip seperti biola? Ternyata, lovebird biola adalah burung fischer yang sering hinggap di kayu untuk pembuatan biola. Dari sanalah penamaan lovebird biola berasal. Meskipun bulunya dominan hijau, akan tetapi pada bagian ujung sayapnya terdapat gradasi warna hitam dan putih. Inilah yang menambah daya tariknya. Jika dibandingkan dengan jenis burung lovebird albino, lovebird biola tidak terlalu mahal.

Lovebird biola dibanderol Rp. 8-9 juta untuk anakannya. Sedangkan lovebird biola dewasa dibanderol hingga Rp. 22 juta. Dengan ini, lovebird biola masuk ke dalam jenis burung lovebird yang mahal.

27. Lovebird Parblue

Lovebird parblue memiliki nama lain yellow face karena pada bagian wajah dan lehernya berwarna kuning keputihan. Berbeda dengan lovebird Lutino yang warna kepala dan lehernya adalah merah. Anakan lovebird parblue dijual dengan harga Rp. 2,5 juta sampai Rp. 3,5 juta. Sedangkan untuk ukuran dewasa, dijual dengan harga Rp. 10 juta. Jika Anda ingin yang lebih mahal lagi, Anda dapat membeli hasil persilangan parblue dan biola yang menghasilkan lovebirde biola parblue. Hasil persilangan tersebut dijual dengan harga Rp. 30 juta.

28. Lovebird Pastel

Lovebird pastel memiliki banyak penggemar karena warnanya yang kalem dan cantik. Pastel seringkali tampil dengan warna kuning muda atau hijau muda. Namun, ada juga lovebird yang warnanya lebih soft daripada pastel, yaitu lovebird jenis dilute.

Di Indonesia sendiri, lovebird pastel ada beberapa jenis, yaitu lovebird pastel ijo (pasjo), pastel kuning (paskun), pastel biru (pasblue), dan pastel putih (pasput). Lovebird pastel dibanderol dengan harga Rp. 250-400 ribu karena mengalami penurunan harga.

29. Lovebird Kepala Elang

Jenis ini termasuk ke dalam jenis yang langka karena sulit untuk menghasilkan lovebird kepala elang. Sebenarnya, lovebird kepala elang adalah keturunan dari lovebird violet yang telah mengalami mutasi warna putih pada bagian kepalanya. Maka, tidak heran jika harganya lebih mahal dibandingkan dengan lovebird violet, yaitu Rp. 1,5 juta – Rp. 2 juta.

30. Lovebird Josan

Nama josan adalah singkatan dari ijo standard. Dimana burung ini memiliki warna standard lovebird dan sangat mudah ditemukan. Jika Anda pemula dan ingin memelihara lovebird tetapi bingung memilih yang mana, Anda dapat memelihara lovebird josan. Selain mudah didapatkan di penjual burung, lovebird josan dibanderol dengan harga yang murah. Kemudian mudah dalam proses penjodohannya. Keunggulan inilah yang membuat lovebird josan memiliki banyak penggemar.

Nah, itu dia informasi tentang jenis burung lovebird yang bagus untuk dipelihara. Setelah melihat jenis-jenis burung lovebird di atas, pastinya Anda sudah memiliki gambaran jenis mana yang akan Anda pelihara. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan budget untuk membelinya nanti. Jadi, Anda tertarik dengan jenis lovebird yang mana?

Tinggalkan komentar