Kacer Macet Bunyi

Bismillahirrahmanirrahim, Jenis burung kacer tidak hanya memiliki bulu yang elegan, namun burung kacer juga memiliki kicauan yang sangat merdu. Kicauannya yang merdu bisa membuat burung kacer bertanding pada ajang kompetisi burung. Selain itu, burung kacer juga memiliki mental petarung yang sangat kuat. Sehingga banyak yang mengandalkan burung kacer sebagai pemenang pada ajang ajang kompetisi burung.

Kicauannya yang merdu menjadi aura kharisma tersendiri bagi si burung kecil yang elegan ini. Lalu, bagaimana jika pada suatu ketika burung kacer macet bunyi? Tentunya si burung akan kehilangan salah satu aura kharismanya jika sedang mengalami macet bunyi. Fenomena seperti ini tidak hanya bisa terjadi kepada jenis burung kacer, namun juga berlaku untuk jenis burung lainnya.

Ketika hal tersebut terjadi, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai cara mengatasi burung kacer macet bunyi, antara lain:

Penyebab Kacer Macet Bunyi

Penyebab burung kacer macet bunyi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan burung kacer tidak mau berbunyi, berikut adalah faktor-faktornya:

  • Burung kacer sedang mengalami serak suara
  • Burung kacer mengalami sakit tenggorokan
  • Burung kacer menderita stres
  • Burung kacer sedang sakit
  • Burung kacer tidak nyaman dengan tempat yang baru
  • Burung kacer masih bakalan
  • Burung kacer masih galak
  • Burung kacer baru belajar berkicau
  • Burung kacer akan memasuki masa mabung
  • Burung kacer sedang dalam proses mabung
  • Burung kacer tidak mendapatkan mabung yang sempurna
  • Burung kacer kurang fighter
  • Burung kacer kehilangan sifat fighternya
  • Burung kacer kalah mental
  • Burung kacer sering ditantang dengan kacer yang lebih fighter
  • Burung kacer takut dengan burung lain
  • Burung kacer diganggu oleh burung lain
  • Burung kacer sedang drop
  • Burung kacer kurang birahi
  • Burung kacer over birahi
  • Burung kacer terkena kutu
  • Burung kacer jarang dijemur
  • Burung kacer jarang diembun
  • Sangkar burung kacer pernah terjatuh
  • Cuaca sedang tidak sesuai dengan suasana hati burung kacer
  • Mendapat pakan baru dan tidak cocok

Ciri-Ciri Kacer Macet Bunyi

Ciri-ciri kacer macet bunyi

Setelah faktor penyebabnya, ada juga ciri-ciri kacer macet bunyi yang harus kamu waspadai, apa saja? Berikut ciri-cirinya:

  • Kurang nafsu makan
  • Bulu terlihat kusam
  • Malas bergerak
  • Malas mengeluarkan bunyi
  • Bulu rontok

Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi

Cara mengatasi kacer macet bunyi

Setelah mengetahui faktor penyebab dan ciri-cirinya, jika sudah terjadi dengan burung kacer milikmu maka lakukan cara mengatasi kacer macet bunyi berikut ini.

1. Terapi Alam

Terapi alam dilakukan dengan cara menggantungkan sangkar burung kacer di dahan pepohonan yang rindang, sangkar burung kacer yang terkena angin sepoi sepoi di atas pepohonan rindang akan membuat kacer merasa rileks dan nyaman. Selain itu, kacer juga akan dapat merasakan sensasi seperti sedang berada di alam bebas. Namun, tetap perhatikan kacer ketika berada di bawah ranting pohon agar tidak dimangsa predator lain.

Cara mengatasi burung kacer yang mengalami macet bunyi dengan menggunakan media terapi bisa dibilang ampuh, karena selain terapi alam ada juga beberapa jenis terapi lainnya.

2. Terapi Air

Bentuk terapi lainnya yaitu terapi air. Terapi air dilakukan dengan cara meletakkan kacer di pinggiran sungai dekat air terjun atau di dekat gemericik gemericik air, terapi ini dilakukan agar kacer dapat mendengar suara suara jernih air yang menenangkan dan membuatnya merasa lebih nyaman.

3. Terapi Suara

Alternatif terapi lain jika tidak bisa melakukan terapi air atau terapi alam, para pecinta burung kacer juga bisa menggunakan cara mengatasi kacer macet bunyi dengan memutar MP3 yang berisi suara suara yang menenangkan bagi burung kacer. Suara suara tersebut bisa berupa suara hembusan angin, gemericik air atau pepohonan yang rindang yang mampu membuat burung kacer merasa lebih baik.

Baca juga: Cara merawat burung kacer biar cepat gacor

4. Terapi Pasangan

Terapi pasangan yaitu memasukkan burung kacer betina ke dalam sangkar burung kacer yang sedang macet bunyi. Hal ini dilakukan agar birahi burung kacer naik dan tertarik untuk berbunyi lagi atau berkicau lagi. Namun ketika si betina sedang berada di dalam sangkar burung kacer, selalu pastikan keadaan mereka. Jika mereka bertengkar, segera keluarkan kacer betina dari sangkar dan tetap sandingkan dengan jarak yang dekat.

5. Terapi Burung Lain

Terapi burung lain sama dengan terapi pasangan, terapi ini dilakukan dengan cara memasukkan burung jenis lain yang lebih kecil dari burung kacer ke dalam sangkar burung kacer. Hal ini dilakukan agar mental burung kacer bisa naik dan mampu untuk melawan rasa takutnya sehingga mau untuk kembali berbunyi.

Burung kacer terkenal dengan mental fighternya, oleh karena itu untuk mengatasi burung kacer macet bunyi dengan terapi burung lain mampu membuat burung kacer menaikkan kembali mental fighternya yang kuat.

6. Pengobatan atau Suplemen

Pengobatan atau suplemen ini diberikan kepada burung kacer yang sedang macet bunyi untuk mengatasi macet bunyinya secara instan atau cepat. Saat ini obat-obat khusus untuk membuat burung kacer berbunyi sudah banyak tersedia di toko-toko burung atau terjual secara online.

7. Mengerodong Burung Kacer Setiap Malam

Burung kacer perlu mendapatkan istirahat yang cukup dengan cara mengerodong burung kacer setiap malam. Burung kacer akan merasa lebih baik dan lebih nyaman, selain itu istirahat yang cukup juga dapat menambah energi burung kacer. Cara mengatasi kacer macet bunyi memang tidak akan cukup dengan hanya memberikan perawatan perawatan saja, namun kacer juga memerlukan perawatan berupa waktu istirahat yang cukup dan teratur.

8. Pengembunan Burung Kacer

Pengembunan dilakukan di pagi hari setelah subuh atau sekitar jam 5 sampai jam 5.30 pagi. Pengembunan dilakukan sebelum matahari terbit atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pengembuanan tidak harus dilakukan secara lama, cukup dilakukan 15-30 menit saja.

9. Memandikan Burung Kacer

Setelah cukup mengembunkan burung kacer setiap pagi, burung kacer juga perlu untuk dimandikan setiap pagi. Hal ini membuat kacer tetap segar dan sehat. Kacer dapat dimandikan dengan cara disemprot oleh pemiliknya atau membiarkan kacer mandi di keramba, namun akan lebih baik jika kacer dibiarkan mandi di keramba sendiri karena hal ini bisa meningkatkan mentalnya.

10. Menjemur Burung Kacer

Burung kacer yang telah mandi dibiarkan hingga bulu-bulunya mengering, atau tidak basah. Setelah itu jemur burung kacer sekitar 1-2 jam setiap harinya. Namun, jangan menjemur burung kacer di atas jam 9 pagi karena hal tersebut bisa membuat burung kacer over birahi atau kelebihan birahi. Hal-hal seperti over birahi ini tentunya tidak baik untuk burung kacer dan jenis burung lainnya.

11. Mengatur Kadar Birahi Kacer

Birahi yang dimiliki oleh kacer dapat mempengaruhi kinerja dari kacer itu sendiri. Ketika birahinya naik atau birahinya turun keduanya bisa membuat kacer macet bunyi, jika birahinya naik maka kurangi pemberian ekstra fooding, namun jika birahinya turun tambah pemberian ekstra fooding dan beri waktu yang lama saat penjemuran.

12. Berinteraksi Dengan Burung Kacer

Cara mengatasi kacer macet bunyi lainnya yaitu berinteraksi dengan kacer seperti menganggap teman. Berinteraksi dengan burung kacer yaitu dengan mengajak mengobrol, memberi makan dengan tangan sendiri, kemudian mengajaknya jalan jalan. Hal ini dilakukan agar burung kacer merasa sedang dimiliki dan merasa di awasi dengan pemiliknya karena itu burung kacer tidak akan ragu untuk berbunyi lagi.

13. Melatih Mental

Salah satu cara untuk melatih mental burung kacer yaitu dengan membiarkan kacer mendengar suara-suara dari burung kacer lainnya, karena sifat burung kacer sebagai burung fighter, hal ini akan memacu dan memotivasi untuk bersuara dan tidak macet bunyi. Tentunya suara dari kacer lainnya harus lah lebih bagus dan mampu membuat kacer merasa tidak ingin kalah.

14. Memberikan Ekstra Fooding

Pemberian ekstra fooding dilakukan agar burung kacer dapat meningkatkan energi serta birahinya jika kekurangan birahinya. Pemberian 4-5 ekor jangkrik setiap hari dapat membantu pertumbuhan birahi kacer, selain jangkrik memberikan ekstra fooding berupa kroto pun mampu meningkatkan birahi kacer. Namun, jika burung kacer sedang mengalami sakit tenggorokan sebaiknya berikan voer kesukaan burung kacer sebagai pengganti jangkrik atau kroto.

15. Multivitamin

Multivitamin diberikan kepada kacer agar membuat burung kacer tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit. Ketika burung kacer sudah merasa sehat, burung kacer tidak akan ragu lagi untuk bersuara.

16. Pembersihan Sangkar

Sangkar burung kacer harus rutin untuk dibersihkan, selain untuk menghindari dari penyakit dan wabah, pembersihan sangkar juga dilakukan agar burung kacer tetap merasa nyaman di dalam sangkarnya. Selain itu burung kacer yang hidup di sangkar yang nyaman juga akan cepat membuka paruhnya dan tidak akan macet bunyi lagi.

17. Pemasteran Burung Kacer

Jangan lupa untuk tetap memberikan suara masteran pada burung kacer meskipun sedang macet bunyi. Dikarenakan ketika kacer terus menerus mendengar suara masteran dari MP3 atau Youtube hal ini dapat membuat kacer mau membuka paruhnya dan menghentikan macet bunyinya.

18. Tempatkan Burung Kacer Di Tempat Yang Sejuk dan Tenang

Tempatkan burung kacer di tempat yang sejuk dan tenang, selain untuk memberikan ketenangan kepada burung kacer hal ini juga dapat membuat burung kacer untuk beristirahat sejenak dan merasakan ketenangan. Ketika burung kacer sudah merasa nyaman dan mendapatkan kembali ketenangannya, burung kacer akan mau untuk membuka paruhnya dan kembali untuk berkicau.

19. Membawa Burung Kacer Ke Dokter Spesialis Burung

Jika burung kacer tidak hanya macet bunyi namun juga terlihat kesakitan saat menelan, kesakitan saat minum, dan kesakitan saat bersuara itu artinya ada yang salah dengan tenggorokan burung kacer. Untuk menghindari hal-hal yang lebih parah, lebih baik burung kacer segera dilarikan ke dokter spesialis burung untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

20. Memberi Pakan Buah-Buahan Kepada Burung Kacer

Untuk mengatasi kacer macet bunyi yang terakhir yaitu dengan memberikan buah-buahan yang segar. Buah-buahan mampu merangsang birahi burung kacer untuk mau berbunyi kembali. Bauh-buahan seperti pisang, dapat membuat kacer merasa lebih diperhatikan, dengan diberi buah-buahan burung kacer tidak akan ragu lagi untuk membuka paruhnya dan tidak akan macet bunyi lagi.

Itulah pembahasan Alam Burung hari ini seputar penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi kacer macet bunyi yang perlu diketahui oleh para pecinta burung kacer.

Tinggalkan komentar