Kacer Over Birahi

Bismillahirrahmanirrahim, Punya kacer over birahi? Jangan sepelekan! Kacer yang over birahi jika dibiarkan akan membuatnya stress. Kondisi psikis burung yang stress sangat tidak baik untuk kesehatan tubuhnya. Meskipun burung jenis lain juga bisa mengalami hal yang sama, akan tetapi Anda harus mengetahui solusinya secepat mungkin.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri kacer birahi, agar Anda dapat mengatasinya dengan tepat.

Penyebab Burung Kacer Over Birahi

Penyebab kacer over birahi

Banyak faktor yang bisa menyebabkan kacer mengalami over birahi. Salah satunya adalah karena cuaca yang panas. Cuaca yang panas dapat meningkatkan birahi burung. Oleh sebab itu, jangan biarkan burung berada di tempat yang panas dalam jangka waktu yang lama.

Selain cuaca yang panas, ada beberapa penyebab burung kacer over birahi.

  1. Pemberian EF yang terlalu banyak, dapat menyebabkan burung kacer over birahi. Contoh EF yang bisa meningkatkan birahi burung kacer adalah ulat hongkong dan jangkrik.
  2. Jarang diberikan kebebasan. Semua makhluk hidup jika berada di tempat yang sempit akan mengalami perubahan hormon. Tidak terkecuali pada kacer.
  3. Jarang memandikan kacer juga menjadi salah satu sebab kacer over birahi.
  4. Jika Anda sering meletakkan burung kacer Anda di dekat kacer lain yang sedang over birahi, hal ini akan menyebabkan kacer anda juga mengalami hal yang sama.
  5. Memanjakan kacer memang baik, tapi jika berlebihan akan berdampak buruk pada kacer itu sendiri, salah satunya yang nampak adalah burung menjadi over birahi.
  6. Kacer yang kekurangan asupan vitamin dan juga buah dapat menjadi over birahi.
  7. Penjemuran di tempat yang panas dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan suhu tubuh yang berpengaruh pada peningkatan birahi.
  8. Kacer jarang diembunkan dan juga diangin-anginkan.
  9. Sedang dalam masa kawin atau perkembangbiakan sehingga burung menunjukkan tanda-tanda tersebut.
  10. Perawatan yang salah pada burung kacer juga menjadi penyebab paling mendasar kacer over birahi.

Anda dapat melakukan evaluasi sendiri, dari sekian banyak penyebab yang sudah dirincikan di atas, manakah yang menyebabkan kacer anda over birahi? Mengetahui akar permasalahan yang sedang terjadi pada burung Anda sangat penting agar Anda bisa menemukan jalan keluarnya.

Ciri-Ciri Kacer Over Birahi

Ciri ciri kacer birahi

Sebenarnya, hampir seluruh ciri kacer birahi hampir sama. Pasti terjadi keanehan dalam tingkah lakunya, jika anda memperhatikannya secara seksama. Namun, untuk lebih jelasnya, ada beberapa ciri-ciri kacer over birahi:

  • Kacer yang sedang birahi biasanya menabrakkan dirinya ke kandang.
  • Kacer akan sangat agresif ketika melihat burung yang lain, terutama melihat lawan jenis.

Ciri kacer betina birahi tidak jauh berbeda dengan kacer jantan. Sehingga ciri-ciri di atas berlaku untuk semuanya. Bahkan, burung selain kacer pun ada yang memiliki ciri yang sama jika sedang over birahi.

Sebaliknya, ciri kacer kurang birahi akan tampak lebih lesu, tidak tertarik dengan lawan jenis, dan bisa jadi nafsu makan juga menurun. Kacer yang kurang birahi adalah ciri kacer yang tidak sehat, maka Anda perlu meningkatkan birahinya dengan memberikan EF.

Beberapa EF yang dapat meningkatkan birahi kacer adalah kroto, jangkrik, dan belalang. Anda juga bisa menyeimbangkan birahinya dengan memberikan buah dan multivitamin.

Cara Mengatasi Kacer Over Birahi

Cara mengatasi kacer over birahi

Setelah Anda mengetahui penyebab dan ciri-ciri kacer over birahi, akan lebih mudah bagi anda untuk mencari tahu cara mengatasinya. Di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi kacer yang over birahi. Tentu saja, semua cara di bawah ini harus diaplikasikan berdasarkan penyebabnya. Agar penanganan yang dilakukan efisien dan efektif.

Mengatasi kacer yang over birahi dapat Anda lakukan sendiri di rumah meskipun Anda adalah seorang pemula. Namun, bila Anda mengalami kendala setelah mencoba berbagai cara, Anda bisa berdiskusi dengan ahlinya atau bergabung dengan komunitas pecinta kacer.

1. Meletakkannya Di Kandang Yang Besar

Saat kacer over birahi, tenaganya sangat kuat dan banyak. Dengan demikian, untuk mengurangi over birahinya, kacer dibiarkan terbang di kandang yang besar dan luas. Tujuannya adalah agar kacer dapat melampiaskan tenaganya tersebut dengan cara berterbangan kesana kemari.

Saat kacer mulai kelelahan, di situlah birahi kacer akan menurun. Selain dapat mengatasi birahi kacer yang berlebihan, meletakkan kacer di kandang yang besar dapat melatih pernapasannya juga.

2. Mengkawinkan Kacer

Setiap burung memiliki masa kawin yang berbeda-beda. Saat masa kawin itu tiba, ciri yang paling menonjol adalah birahinya. Jika kacer Anda sedang over birahi, coba cek apakah kacer Anda sudah seharusnya masuk masa kawin?

Jika memang benar, maka kawinkan saja kacer Anda. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan paling ampuh untuk mereda birahi kacer.

Baca juga: Penyebab, Ciri-ciri, Cara Mengatasi kacer macet bunyi

3. Menambah Frekuensi Mandi Kacer

Birahi yang tinggi biasanya erat dengan cuaca yang panas. Maka solusi memandikan kacer lebih dari biasanya dapat menjadi solusi yang tepat. Jika biasanya Anda memandikan kacer sehari 2 kali, saat over birahi mandikan kacer 4 kali sehari, yaitu pagi, siang, sore, dan malam hari. Dengan cara ini akan menurunkan suhu tubuh kacer. Otomatis birahinya pun akan menurun.

4. Mandi Malam

Mandi malam memiliki efek yang bagus untuk kacer anda. Waktu terbaik untuk memandikan kacer saat malam hari adalah di atas pukul 07.000 malam. Mandi malam dapat menyegarkan kacer dan menurunkan birahinya.

5. Mandi Es

Mandi es disini bukanlah mandi es batu, akan tetapi mandi air dingin dari kulkas. Dan bukan berarti Anda harus memandikannya sampai basah kuyup. Karena burung Anda akan kedinginan dan justru menyebabkannya sakit. Cukup berikan efek basah pada tubuhnya agar terasa segar di badan.

6. Tidak Menjemur Kacer Untuk Sementara

Seperti yang sudah dibahas berkali-kali di atas, bahwa burung kacer yang over birahi salah satu penyebabnya adalah cuaca panas. Jika Anda menjemur kacer di saat over birahi, bisa dijamin burung Anda akan semakin over birahi. Maka dari itu, sementara jangan dijemur sampai birahinya stabil.

7. Pengembunan

Pengembunan dilakukan pada pagi hari agar burung segar. Waktu terbaik untuk melakukan pengembunan adalah jam 5 sampai 6 pagi.

8. Tidak Memberikan EF Sementara Waktu atau Mengurangi Dosisnya

Memberikan EF saat kacer dalam kondisi normal sangat baik untuk kebutuhan nutrisinya. Akan tetapi, kalau kacer Anda sedang over birahi, sebaiknya Anda tidak memberikannya EF atau mengurangi porsinya. Contoh EF yang tidak dianjurkan adalah ulat hongkong, kroto, belalang, dan jangkrik.

9. Memberikan Buah dan Multivitamin

Justru, saat kacer over birahi, memberikan buah dan multivitamin sangat dianjurkan untuk menstabilkan birahinya. Karena peningkatan birahi pada kacer juga bisa disebabkan karena asupan makanan yang dapat meningkatkan birahinya. Sedangkan buah dan multivitamin bersifat netral yang akan mengembalikan kondisi kacer Anda seperti sediakala.

10. Memberikan Cacing Tanah

Ada EF yang justru dapat menurunkan birahi kacer Anda, yaitu cacing tanah. Daripada Anda memberikan kroto, jangkrik, belalang, dan ulat hongkong yang dapat memicu kenaikan birahi, sebaiknya anda memberikannya cacing tanah.

11. Memberikan Ulat Bambu

Ulat bambu juga sama dengan cacing tanah yang dapat menurunkan birahi kacer. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati jika memberikan pakan ini pada kacer. Pasalnya, terlalu banyak memberikan ulat bambu menyebabkan kacer Anda mengalami konstipasi. Oleh karena itu, berikan ulat bambu 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

12. Mengganti Voer

Selain EF, pemberian pakan voer juga sangat dianjurkan untuk menjaga kestabilan birahi kacer. Sayangnya, tidak semua voer mengandung protein rendah. Karena protein yang tinggi juga menjadi penyebab kenaikan birahi kacer. Sebaiknya Anda pilih voer yang mengandung protein sekitar 14%.

13. Menjauhkan Dari Burung Fighter

Pengaruh lingkungan di sekitar kacer juga berpengaruh. Untuk sementara waktu jauhkan burung Anda dengan burung-burung fighter karena akan memperparah kondisinya.

14. Tidak Terlalu Memanjakan Kacer

Di saat over birahi, kacer menjadi sangat sensitif. Jangan sampai Anda merasa kasihan dan terlalu memanjakannya. Atau menggodanya untuk mengalihkan perhatiannya. Karena apa yang Anda lakukan tidak akan menyelesaikan masalah, justru memperparahnya. Sebaiknya, Anda memberikan waktu yang cukup agar burung kacer bisa beristirahat dengan tenang tanpa gangguan.

Yang paling penting dalam penanganan kacer over birahi adalah dengan cara melihat akar permasalahannya. Sehingga Anda tidak menghabiskan banyak waktu dengan mencoba-coba semua cara yang sudah disebutkan di atas.

Kondisi kacer yang birahi memang memberikan dampak positif karena ia bisa bersuara dengan lantang. Akan tetapi birahinya tetap harus dijaga dalam batas normal. Jangan sampai over birahi yang menyebabkannya menjadi agresif dan tidak sehat.

Sekian informasi dari Alam Burung mengenai penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasi kacer yang over birahi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar