Kenari Over Birahi

Bismillahirrahmanirrahim, Merawat dan memelihara burung kenari tidaklah selalu mudah. Burung kicau hias ini terkadang mengalami kondisi tidak stabil. Kondisi tidak stabil ini dapat berupa mabung (proses rontoknya bulu) dan juga over birahi (peningkatan birahi yang signifikan). Keadaan over birahi ini dapat dilihat apabila burung kenari yang kita pelihara menjadi lebih aktif dan bahkan agresif. Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab, ciri-ciri serta solusi bagaimana cara mengatasi burung kenari over birahi.

Penyebab Burung Kenari Over Birahi

Penyebab kenari over birahi

Bukanlah tanpa sebab, burung kenarimu akan mengalami over birahi (memiliki birahi yang terlalu tinggi) Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab burung kenari over birahi, seperti berikut:

1. Faktor Pakan

Pemberian pakan utama yang terlalu berlebihan seperti biji-bijian atau pakan tambahan seperti buah apel akan meningkatkan birahi pada burung kenari.

2. Faktor Pemberian Obat dan Multivitamin

Sebenarnya pemberian obat, multivitamin dan dopping sangat diperlukan oleh burung kenari untuk meningkatkan performa pada saat lomba atau kontes. Akan tetapi pemberian yang berlebihan akan menyebabkan burung kenari menjadi over birahi dan kondisinya tidak stabil.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan dapat juga menjadi faktor utama yang menjadikan burung kenarimu over birahi. Apabila dalam satu kandang terdapat burung kenari yang mengalami keadaan over birahi, maka besar kemungkinan burung kenari yang dalam kondisi stabil akan mengalami kenaikan birahi juga. Maka dari itu kamu sebaiknya memisahkan burung kenari yang mengalami kondisi over birahi.

Baca juga: Penyebab, ciri-ciri, cara mengatasi kacer over birahi

Ciri-Ciri Kenari Jantan Birahi

Ciri ciri kenari jantan birahi

Setelah mengetahui penyebab burung kenari menjadi over birahi, kamu juga harus menyadari ciri-ciri kenari birahi. Ciri pada burung kenari jantan akan berbeda dengan ciri dari kenari betina. Apabila mengalami over birahi, burung kenari jantan akan menunjukkan beberapa ciri-ciri seperti:

  • Menunjukkan sikap yang lebih agresif dan lebih aktif ketika melihat burung sejenis. Sikap yang lebih agresif ini akan mengganggu burung kenari lain apabila dalam satu kandang terdapat burung kenari lainnya.
  • Lebih sering bunyi sambil melakukan pergerakan ke kiri dan ke kanan. Kondisi over birahi ini akan membuat burung kenari lebih aktif.
  • Lebih sering melakukan kepakkan sayap dan intensitas berkicau yang lebih tinggi.
  • Ciri-ciri kenari birahi lainnya yang terjadi pada burung kenari jantan adalah bersikap lebih agresif dan cenderung mencari perhatian dari burung kenari betina. Tingkah ini sering diperlihatkan dengan cara bertengger di jeruji kandang.

Ciri-Ciri Kenari Betina Birahi

Ciri ciri kenari betina birahi

Kondisi over birahi, tidak hanya dialami oleh kenari jantan namun juga oleh burung kenari betina. Berikut ini merupakan ciri ciri kenari birahi pada burung betina, yaitu:

  • Apabila berdekatan dengan burung kenari jantan, burung kenari betina akan mengepakkan sayapnya dengan lebih lincah dan berkicau lebih sering. Hal ini digunakan untuk menarik perhatian burung pejantan.
  • Lebih sering mengangkat ekor pada posisi merunduk, hal ini dilakukan oleh burung kenari yang ingin melakukan proses kawin.
  • Tentunya akan lebih sering berbunyi.
  • Bersikap lebih agresif dari biasanya dan menunjukkan gelagat ingin melepaskan diri dari kandangnya apabila melihat burung pejantan.

Cara Mengatasi Kenari Over Birahi

Cara mengatasi kenari over birahi

Setelah mengetahui ciri-ciri kenari birahi baik itu pada kenari jantan dan kenari betina. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa kamu harus mengetahui penanganan yang tepat dalam menghadapi burung kenari. Hal ini diperlukan, karena burung kenari yang mengalami over birahi akan mengalami perubahan kondisi yang drastis.

Pada burung kenari betina apabila kondisi over birahi terjadi setelah burung bertelur, maka mereka tidak akan melakukan pengeraman dengan baik, malah mereka akan lebih aktif bergerak. Sama halnya pada burung kenari jantan pada kondisi birahi terlalu tinggi burung akan cenderung lebih agresif dan galak, hal ini akan membuat burung kenari banyak mengeluarkan energi sehingga suara dan bunyinya pun akan menjadi tidak karuan.

Jika kamu ingin burung kenarimu dalam kondisi yang sangat baik, kamu harus mengetahui cara mengatasi burung kenari yang over birahi sebagai berikut:

1. Memberikan Pakan Berupa Ketimun Pada Burung Kenari

Penanganan pertama yang bisa kamu berikan saat burung kenarimu over birahi adalah memberikan pakan tambahan berupa mentimun. Kandungan serat dan air pada mentimun mampu mengurangi birahi pada burung kenari. Berikanlah mentimun setiap hari pada burung kenari setiap hari hingga birahinya menurun. Perlu diperhatikan pula, bahwa mentimun yang diberikan haruslah masih segar dan tidak dalam kondisi layu.

2. Mengurangi Pakan Utama

Seperti yang telah kita ketahui, pakan utama dari burung kenari adalah biji-bijian. Biji-bijian ini akan memberikan energi pada burung kenari sesuai fungsinya sebagai makanan pokok. Pada kondisi sedang over birahi, kamu perlu mengurangi asupan pakan utama pada burung kenari agar energinya tidak berlebih. Kamu bisa mengganti pakan utama dengan buah yang kaya serat seperti mentimun.

3. Mengurangi Pakan Yang Mengandung Protein Tinggi

Sebenarnya, makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk burung kenari, apalagi bisa mendukung agar burung kenari cepat gacor. Contoh makanannya adalah telur burung puyuh rebus. Akan tetapi pada saat kondisi tidak stabil, pemberian telur burung puyuh rebus secara rutin akan mengakibatkan birahi burung kenari terus meningkat dan tidak terkendali.

Maka dari itu kamu harus mengurangi atau bahkan menghentikan sementara pemberian pakan berupa telur burung puyuh apabila burung menunjukkan ciri-ciri kenari birahi.

4. Mengurangi Konsumsi Buah Apel

Sama halnya dengan telur burung puyuh, buah apel juga sangat berpengaruh untuk kenaikan birahi pada burung kenari. Kurangilah pemberian buah apel untuk sementara waktu agar birahi burung kenari menurun. Apabila kondisinya telah stabil, kamu bisa kembali memberikan pakan berupa buah apel.

5. Mengurangi Pemberian Kroto

Jenis pakan berupa kroto, atau biasanya kroto semut merupakan pakan yang juga mengandung protein tinggi, apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan burung kenari over birahi. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu perlu mengurangi intensitas pemberian kroto semut. Setelah kondisi burung kenari tidak over birahi. Kamu bisa memberikan kembali pakan kroto semut secara berkala.

6. Menghindarkan Burung Kenari Dari Konsumsi Biji Niger

Biji niger memang diperuntukkan agar burung kenari cepat birahi dan mempercepat kenari gacor. Sehingga apabila kenarimu mengalami over birahi, kamu harus segera menghentikan pemberian biji niger. Karena burung kenari akan mengalami peningkatan birahi yang signifikan apabila masih diberikan biji niger dengan rutin.

7. Memberikan Buah Pir

Buah pir memiliki fungsi yang sama dengan mentimun, yaitu menurunkan birahi yang tinggi secara signifikan. Jadi apabila burung memiliki ciri-ciri kenari birahi, maka kamu dianjurkan untuk memberikan buah pir secara rutin hingga kondisinya kembali normal.

8. Memandikan Burung Kenari Lebih Sering

Cara berikutnya untuk menurunkan birahi pada burung kenari adalah memandikannya dengan lebih sering. Misalnya, jika kenari sering dimandikan dengan intensitas dua kali dalam seminggu, maka tambah menjadi tiga kali atau empat kali dalam satu minggu. Akan tetapi tetap perhatikan kondisi burung kenari. Jangan sampai memandikannya terlalu sering karena akan menyebabkan kenari mudah terserang penyakit.

9. Memandikan Burung Kenari Di Malam Hari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa memandikan burung kenari lebih sering dari biasanya. Waktu memandikan burung kenari terbaik untuk menurunkan birahi adalah pada malam hari. Lakukan perlakuan tersebut hanya pada saat burung kenari mengalami over birahi. Setelah kondisi burung kenari kembali seperti sedia kala hindari memandikan burung kenari pada malam hari karena akan berdampak pada kesehatan burung kenari.

10. Mengurangi Waktu Berjemur

Mengurangi beberapa pakan tertentu dan memberi perlakuan seperti memandikan burung kenari lebih sering akan sangat berdampak bagi penurunan birahi pada burung kenari. Selain itu kamu juga bisa mengurangi waktu berjemur kenari. Hal ini dipercaya dapat menurunkan birahi burung kenari secara perlahan.

11. Memandikan Dengan Air Shampo (Dengan Kandungan Aloe Vera)

Kandungan aloe vera atau lidah buaya, mampu menurunkan suhu atau temperatur pada burung kenari. Dengan penurunan suhu tubuh akan memberikan dampak bagi penurunan birahi pada burung kenari.

12. Mengawinkan Burung Kenari Dengan Yang Siap Kawin

Kondisi over birahi menandakan burung kenari telah siap kawin dengan burung kenari lainnya. Keadaan ini adalah sifat alamiah sehingga untuk menanggulanginya dengan cara mengawinkan burung kenari dengan pasangannya yang sudah siap. Setelah proses tersebut biasanya birahi burung kenari akan menurun.

13. Membawa Ke Dokter

Apabila penanganan sendiri dirasa belum cukup, kamu bisa meminta bantuan medis atau dokter hewan yang lebih profesional. Konsultasikan keadaan tersebut kepada dokter hewan terdekat.

14. Memberikan Suntikan Penurun Birahi

Setelah berkonsultasi dengan dokter, suntikan penurun birahi bisa menjadi alternatif apabila burung kenari memerlukan obat atau bantuan medis.

15. Menjauhkan Dari Burung Kenari Lawan Jenis

Pada dasarnya, kondisi over birahi akan muncul secara alamiah ketika burung kenari melihat lawan jenis. Burung kenari yang mengalami peningkatan birahi cenderung ingin selalu menarik perhatian dari lawan jenisnya. Salah satu cara terbaik agar birahi dapat menurun dan terkontrol adalah menjauhkannya dari kenari lawan jenis. Kamu bisa melakukan cara tersebut dengan cara menjauhkan atau memberi jarak pada masing-masing kandang burung.

16. Memberikan Ramuan Penurun Birahi

Selain suntikan atau obat berupa medis, kamu juga bisa memberikan ramuan campuran untuk menurunkan birahi pada burung kenari. Campuran ramuan ini biasanya berupa pakan tambahan alami/herbal seperti mentimun dan buah pir. Kamu bisa memberikan ramuan ini secara bertahap hingga kondisi burung kenari kembali normal.

17. Meletakkan Burung Kenari Birahi Tinggi Di Tempat Yang Sama

Hal ini perlu dilakukan agar terjadi proses perkawinan antara kenari yang memiliki over birahi. Proses perkawinan secara alamiah akan membuat birahi turun secara bersamaan dari kenari jantan dan kenari betina.

18. Tidak Membatasi Perkawinan Burung Kenari

Pembatasan perkawinan pada burung kenari akan menyebabkan gangguan pada burung kenari yang pada akhirnya menjadikan burung kenari over birahi. Maka dari itu, tidak membatasi perkawinan pada burung kenari akan menjadi solusi agar burung kenari stabil dan dalam kondisi birahi yang baik.

Baca juga: Cara merawat burung kenari mabung

19. Melakukan Pengumbaran Rutin

Cara lainnya yang patut untuk dicoba adalah melakukan pengumbaran rutin, karena pada prinsipnya burung kenari perlu beraktivitas di luar kandang pribadinya agar kondisinya tetap stabil.

20. Memisahkan Kenari Yang Mengalami Over Birahi

Apabila dalam satu kandang terdapat burung kenari yang mengalami kondisi over birahi. Kamu perlu mengamankan burung kenari lainnya yang berada dalam kondisi stabil, karena hal ini tidak baik dan dapat mengganggu kestabilan burung kenari lainnya.

Itulah beberapa penyebab, ciri-ciri serta beberapa cara mengatasi burung kenari yang sedang mengalami over birahi. Keadaan tersebut dapat dengan mudah teratasi apabila kamu melakukan penanganan dengan cepat dan tepat. Selamat mencoba, jangan lupa support Alam Burung terus…

Tinggalkan komentar