Makanan Burung Hantu

Bismillahirrahmanirrahim, Burung hantu adalah salah satu jenis burung karnivora alias pemakan daging. Namun, jangan samakan antara jenis burung hantu yang satu dengan yang lainnya. Sebab, lain jenis lain juga makanannya. Oleh karena itu, jika Anda penggemar setia burung hantu, Anda harus tahu betul jenis dan makanan burung hantu Anda.

Akan tetapi, mayoritas burung hantu menyukai hewan-hewan mamalia kecil seperti tikus. Mereka hewan yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan. Sehingga, burung hantu dapat menemukan makanan mereka dimana pun mereka berada, seperti dataran tinggi, dataran rendah, atau pun hutan.

12 Jenis Makanan Burung Hantu Anakan dan Dewasa

Makanan burung hantu kecil dan liar

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya makanan apa saja yang cocok untuk burung hantu Anda, silakan simak penjelasan di bawah ini.

1. Makanan Burung Hantu Celepuk Reban

Burung hantu celepuk reban merupakan jenis burung hantu yang sering ditemukan. Jenis burung hantu ini memiliki habitat asli di Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Namun, juga dapat ditemukan di luar negeri yaitu di Filiphina.

Di kalangan pecinta burung hantu, burung hantu jenis celepuk reban inilah yang paling banyak dipelihara. Ciri khas dari jenis ini adalah tubuhnya yang kecil. Bahkan, celepuk reban merupakan burung hantu yang memiliki tubuh terkecil di spesiesnya.

Seperti tubuhnya yang mungil, celepuk reban menyukai makanan yang kecil pula, yaitu tikus kecil atau tikus anakan. Tentu saja, makanan ini sangat mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar.

2. Makanan Burung Hantu Oriental Bay Owl

Ciri khas yang paling mencolok dari oriental bay owl adalah warna merah pada kelopak matanya. Makanan burung hantu jenis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan celepuk reban, yaitu tikus kecil atau tikus anakan. Namun, terkadang burung hantu ini juga bisa memakan serangga kecil seperti jangkrik.

3. Makanan Burung Hantu Spotted Wood Owl

Spotted wood owl memiliki bintik-bintik pada tubuhnya. Sangat mudah membedakan jenis burung hantu ini dengan jenis lainnya. Sedangkan untuk makanannya, Anda dapat memberikan makanan yang sama dengan dua jenis burung hantu sebelumnya. Selain itu, Anda juga dapat memberikannya daging-dagingan seperti daging ayam sebagai makanan sehatnya.

4. Makanan Burung Hantu Salju

Burung hantu salju atau snowy owl tidak ditemukan di Indonesia. Karena habitat burung hantu ini di daerah dingin yang terdapat salju. Maka, burung hantu jenis ini tidak cocok hidup di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Karena perbedaan habitat yang mencolok, tentu saja makanan burung hantu jenis ini berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya. Snowy owl lebih menyukai ikan dan anakan burung. Namun, burung ini juga menyukai anakan tikus.

5. Makanan Burung Hantu Buffy Fish Owl

Buffy fish owl banyak dipelihara oleh pecinta burung hantu karena kemampuan adaptasinya yang luar biasa dengan lingkungan baru. Selain itu, jenis burung hantu ini sangat ramah dengan manusia. Inilah yang menjadi nilai tambah dari buffy fish owl.

Makanan untuk buffy fish owl adalah ikan lele, daging ayam, tikus putih, dan anakan burung (terutama anakan burung emprit). Akan tetapi, dari sekian macam makanan tersebut, yang paling bagus untuk burung hantu jenis ini adalah ikan lele dan tikus putih.

6. Makanan Burung Hantu Barn Owl

Burung hantu barn owl biasanya dimanfaatkan oleh manusia untuk mengendalikan hama di pertanian. Karena burung hantu ini sangat suka memangsa burung kecil. Selain itu, makanan yang bisa Anda berikan untuk burung ini adalah anak ayam dan daging yang masih segar.

7. Makanan Burung Hantu Eagle Owl

Eagle owl memiliki nama lain Bubo. Sangat sedikit yang memelihara burung hantu jenis ini. Karena bubo memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis burung hantu lainnya. Jika Anda seorang pemula, tidak disarankan untuk memelihara burung ini karena sangat rentan.

Dalam hal pemilihan makanan pun, eagle owl tidak boleh sembarangan. Eagle owl hanya memakan tikus putih, burung kecil seperti burung pipit, dan anakan unggas seperti anakan ayam dan anakan burung puyuh.

8. Makanan Burung Hantu Tawny Owl

Tawny owl atau burung hantu cokelat banyak ditemukan di Inggris. Tepatnya di bangungan-bangunan tua atau di dalam hutan. Makanan burung tawny owl adalah tikus, baik tikus hutan atau tikus kayu. Selain itu, burung ini juga memakan burung kecil dan invertebrata. Ia adalah makhluk nokturnal, sehingga sangat sulit untuk menemukannya.

9. Makanan Burung Hantu Long-Eared Owl

Seperti namanya, burung hantu long-eared owl memiliki telinga tegak yang panjang. Tapi, itu sebenarnya bukanlah telinga melainkan bulu tegak yang menyerupai telinga.

Habitat burung ini banyak ditemukan di hutan area perkebunan konifer. Di sana tempatnya membuat sangkar burung dari kayu. Makanan long-eared owl adalah tikus, vole, dan burung lain dengan cara terbang rendah lalu menyergap mangsanya.

10. Pakan Burung Hantu Little Owl

Anda dapat menemukan burung hantu little owl di dinding, pohon yang sudah mati, atau pada bangunan tua. Kelebihannya memiliki tubuh yang mungil memungkinkannya untuk tinggal di tempat-tempat yang sempit.

Begitu pun dengan makanannya. Burung hantu jenis ini akan memangsa hewan-hewan kecil seperti kumbang, cacing, atau mamalia kecil. Meskipun memiliki postur yang mungil, akan tetapi penglihatan burung ini sangat tajam baik di siang atau malam hari.

11. Pakan Burung Hantu Short-Eared Owl

Short-eared owl berbeda dengan long-eared owl dari segi telinganya. Burung ini bukanlah burung yang aktif di malam hari seperti jenis burung hantu lainnya. Tetapi justru lebih aktif di siang hari.

Habitat mereka di padang rumput, tepi hutan, atau dataran tinggi. Sarangnya dibuat di sekitar alang-alang dan rumput. Dan makanannya adalah burung kecil.

Uniknya, burung hantu jenis ini populasinya akan berkurang jika populasi makanan mereka sedikit. Akan tetapi jika populasi mangsa mereka berjumlah banyak, populasi burung hantu ini juga akan semakin bertambah banyak.

12. Pakan Burung Hantu Javan Owlet

Terakhir adalah burung hantu javan owlet. Javan owlet memiliki bentuk wajah yang bulat dan disertai garis-garis putih di sekujur tubuhnya. Penampilannya ini sangat menggemaskan dengan tatapan matanya yang bulat sempurna.

Pakan burung hantu javan owlet tidak jauh berbeda dengan oriental bay owl, yaitu tikus kecil atau tikus anakan dan serangga kecil seperti jangkrik.

Sebenarnya ada satu makanan yang disukai oleh semua jenis burung hantu, yaitu tikus. Jika Anda seorang pemula, Anda bisa memberikan tikus sebagai makanan utamanya. Akan tetapi memang ada beberapa jenis burung hantu yang tidak bisa memakan tikus karena ukuran tubuhnya lebih kecil dari mangsanya.

Terlepas dari apa pun makanannya, berikan makanan secara rutin agar burung hantu Anda tumbuh dengan sehat dan tidak mudah stres.

Itu dia 12 makanan burung hantu kecil, liar, dewasa. Semoga artikel dari Alam Burung dapat bermanfaat bagi para kicau mania. Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Burung_hantu

Tinggalkan komentar