Makanan Burung Lovebird

Bismillahirrahmanirrahim, Burung lovebird atau burung cinta merupakan sejenis burung berukuran kecil yang mempunyai warna bulu unik dan suaranya yang ngekek dan gacor. Ukuran tubuh burung lovebird hanya berkisar pada 13 cm hingga 15 cm saja. Meski begitu, harga burung lovebird yang beredar di pasaran bisa mencapai ratusan juta rupiah. Harganya yang mahal disebabkan oleh jenis burung lovebird yang beragam dan suaranya yang mampu ngekek gacor panjang.

Keistimewaan burung lovebird yang mampu ngekek panjang merupakan hasil dari pemberian makanan yang bergizi dan mampu memicu burung lovebird untuk gacor panjang. Makanan burung lovebird memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri bagi si burung lovebird. Beragam jenis makanan burung lovebird tersedia, mulai buah-buahan, sayuran, dan lainnya.

Makanan Burung Lovebird Supaya Gacor

Di bawah ini ialah daftar makanan burung lovebird yang bisa diberikan untuk burung lovebird kesayangan Anda:

1. Biji Kenari

Biji kenari, Makanan burung lovebird agar cepat bertelur

Makananyang pertama yaitu biji kenari atau canary seed. Biji kenari memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan burung lovebird. Kandungan nutrisi di dalam biji kenari hampir sama dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan jenis lain, yaitu milet. Nutrisi seperti kandungan protein, hidrat arang, dan lemak mampu menjaga dan menambah stamina burung lovebird. Namun, karena kandungannya yang tinggi, jangan memberikan biji kenari dalam porsi yang banyak atau dicampur dengan milet.

Selain untuk menambah stamina, biji kenari juga mampu mengatasi suara burung lovebird yang sedang serak atau tidak bagus. Mampu menjadi perangsang bagi burung lovebird yang belum mau membuka paruhnya agar dapat segera membuka paruhnya dan bersuara. Oleh karena itu, biji kenari merupakan salah satu makanan burung lovebird supaya gacor yang paling banyak digunakan dan diberikan kepada burung lovebird.

Baca juga: Cara merawat burung lovebird

2. Biji Kuaci

Biji kuaci

Biji kuaci atau biji bunga matahari dapat dijadikan sebagai camilan atau makanan tambahan bagi burung lovebird. Namun, meski hanya sebatas makanan tambahan, kuaci memiliki kandungan protein yang tinggi dan mampu meningkatkan kesehatan reproduksi burung lovebird. Pemberian makanan biji kuaci bagus untuk burung lovebird betina yang sudah pernah bertelur.

3. Tauge atau Kecambah

Tauge
Sumber: maangchi.com

Meskipun tauge atau kecambah terlihat biasa saja, namun ternyata tauge memiliki sumber nutrisi dan zat gizi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan burung lovebird. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan burung lovebird, namun juga membantu kemampuan berkicaunya untuk terus berkembang. Pemberian pakan burung lovebird berupa tauge atau kecambah mampu membuat burung lovebird menjadi lebih aktif berkicau dan memiliki kicauan yang semakin ngekek dan gacor.

4. Kangkung

Kangkung

Jika menginginkan burung lovebird untuk cepat bertelur, maka dibutuhkan makanan burung lovebird agar cepat bertelur yang pas dan ampuh. Salah satu jenis makanan tersebut yaitu kangkung. Burung lovebird yang mampu mencerna makanan dari berbagai jenis sayur, buah, atau biji-bijian mampu mencerna sayuran seperti kangkung dengan baik. Kangkung mempunyai kandungan senyawa dan nutrisi yang dapat merangsang hormon untuk mengingkatkan keberhasilan proses bertelur burung lovebird.

5. Tulang Sotong

Tulang sotong memiliki kandungan kalsium yang tinggi, kalsium tersebut dapat membantu meningkatkan keberhasilan burung lovebird untuk bisa bertelur dengan cepat. Namun, jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh burung lovebird untuk bisa bertelur cukup banyak. Jadi, pemberian tulang sotong untuk burung lovebird jika ingin cepat bertelur harus rutin dan banyak.

6. Suplemen Ebood Breeding

Selain makanan alami yang bisa diberikan kepada burung lovebird, ternyata makanan seperti suplemen buatan juga bisa diberikan kepada burung lovebird. Namun, karena makanan suplemen biasanya diberikan untuk waktu tertentu, suplemen ebood breeding ini dapat diberikan ketika ingin burung lovebird cepat bertelur. Kandungan suplemen ebood breeding mampu menaikkan birahi burung lovebird dan meningkatkan kualitas sel telur burung lovebird agar cepat bertelur.

7. Jagung Manis

Jagung Manis
Sumber: food.com

Kandungan nutrisi yang ada di dalam jagung manis tidak hanya memberikan manfaat bagi manusia, namun juga memberikan manfaat yang berfungsi pada burung lovebird. Beberapa kandungan yang terdapat pada jagung manis yaitu vitamin C dan B, beta karoten, folat, dan crypthoxatin. Kandungan-kandungan tersebut merupakan zat-zat yang dibutuhkan oleh burung lovebird untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kekuatan otot.

Jagung manis yang baik untuk dijadikan makanan burung lovebird yaitu jagung manis yang masih berusia muda. Karena jagung manis muda terasa lebih lunak dan mudah untuk dimakan oleh burung lovebird dan burung lainnya.

8. Biji Oat atau Haver (Avena Sativa)

Biji oat

Makanan burung yang terbuat dari biji-bijian memang dipercaya lebih ampuh untuk dijadikan makanan sehari-hari. Salah satunya yaitu biji oat, kandungan protein, kalori dan karbohidrat yang terdapat pada biji oat mampu menenangkan burung lovebird yang sedang merasa gelisah atau stress kandang. Selain itu, biji oat juga mampu menjadi stamina burung lovebird agar tidak mudah drop atau sakit.

Jika burung lovebird sedang dalam fase mabung, maka memberikan makanan berupa biji oat dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena biji oat mampu memperbaiki struktur jaringan kulit burung lovebird yang rusak dan mencegah terjadinya iritasi.

9. Biji Sawi

Kandungan gizi yang terdapat pada biji sawi ternyata mempunyai pengaruh dan manfaat yang sangat bagus untuk pertumbuhan burung lovebird. Biji sawi memiliki kandungan protein dan omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan tersebut tentu saja merupakan perpaduan kandungan yang sangat tepat bagi kebutuhan burung lovebird.

10. Apel Merah

Apel merah

Makanan burung lovebird alami yang berbahan buah-buahan seperti apel memiliki manfaat untuk menjaga stamina dan mencegah terjadinya penyakit yang menyerang burung lovebird. Burung lovebird akan lebih menyukai apel yang berawarna merah daripada apel yang berwarna hijau. Hal ini dikarenakan apel berwarna merah memiliki rasa yang lebih manis dan burung lovebird menyukainya.

Baca juga: Makanan burung kenari

11. Sawi Putih

Sayuran sawi putih akan digemari oleh burung lovebird sebagai makanan tambahannya dengan cara memberikannya secara selang seling dengan menu makanan lainnya. Mengapa burung lovebird perlu memakan sawi putih? Karena kandungan yang terdapat di dalam sawi putih mampu menjaga bulu bulu burung lovebird tetap berkilau dan sehat.

12. Telur Rebus

Protein yang terdapat pada telur rebus dapat membantu burung lovebird untuk mendapatkan tubuh yang gemuk dan sehat. Olahan telur yang direbus akan lebih mudah dimakan oleh burung lovebird dibandingkan olahan telur lainnya.

Pemberian makanan burung lovebird seperti telur rebus dapat dillihat dari usia burung lovebirdnya. Jika burung lovebird masih anakan, berikan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil pertumbuhan yang optimal. Untuk burung lovebird dewasa, berikan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu untuk menghindari obesitas atau kegemukan.

13. Jangkrik

Makanan tambahan lainnya untuk burung lovebird adalah jangkrik, hewan kecil satu ini dapat membantu burung lovebird untuk terhindar dari stress. Pemberian makanan burung lovebird berupa jangkrik tidak boleh berlebihan atau terlalu banyak. Karena kandungan proteinnya sangat tinggi dapat membuat burung lovebird mengalami gangguan pencernaan. Cukup berikan sebanyak 1-2 kali dalam satu minggu saja agar kebutuhan proteinnya terpenuhi.

14. Gabah Beras Merah

Selain biji kenari yang biasa menjadi makanan utama burung lovebird, gabah beras merah juga menjadi makanan utama burung lovebird. Berbagai macam kandungan yang dibutuhkan oleh burung lovebird terdapat pada gabah beras merah, terutama untuk kebutuhan sumber energi. Gabah beras merah mengandung karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan burung lovebird yang satu itu. Pemberian gabah beras merah dengan campuran milet perbandingan 1:1 dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi burung lovebird agar cepat gacor dan sehat.

15. Juwawut

Makanan serelia yang berbentuk seperti biji kecil kemerahan ini mengandung 75% karbohidrat dan menjadi sumber energi serta 9.8% protein bagi burung lovebird. Bagi burung lovebird yang sedang bertelur, zat kapur yang terdapat pada juwawut sangat lah ampuh untuk membantu kondisi burung lovebird tetap sehat dan prima.

16. Milet Putih dan Milet Merah

Milet merupakan makanan pokok yang biasa diberikan kepada burung yang berjenis pemakan biji-bijian. Biasanya, milet yang diberikan sebagai makanan burung pemakan biji-bijian ialah campuran milet putih dan milet merah. Milet dapat dengan mudah ditemukan di pasaran atau toko makanan burung dengan harga yang sangat murah dan terjangkau. Untuk para pecinta burung lovebird, pemberian makanan burung lovebird berupa milet pasti menjadi primadona.

17. Cangkang Telur Ayam

Meskipun terdengar aneh untuk memberikan makan burung lovebird dengan cangkang telur ayam, namun ternyata pemberian cangkang telur ayam untuk makanan burung lovebird sangat lah bagus. Cangkang telur ayam memiliki zat kalsium yang tinggi dan bagus untuk membentuk tulang dan paruh burung lovebird. Selain itu, cangkang telur ayam juga bagus untuk diberikan kepada burung lovebird betina yang sedang bertelur agar tetap sehat dan kuat.

18. Buah Kecubung

Kandungan yang terdapat di dalam buah kecubung bisa menjadi hal yang positif dan negatif. Pemberian buah kecubung untuk makanan burung lovebird secara tepat dan sesuai porsi akan membuat burung lovebird cepat konslet, gacor, dan ngekek panjang. Namun, jika pemberian buah kecubung terlalu banyak dan tidak sesuai porsinya, buah kecubung akan menjadi racun dan membuat burung lovebird mabuk.

Baca juga: Makanan burung hantu

19. Buah Pepaya

Untuk mendapatkan burung lovebird yang cepat gacor dan ngekek panjang, ramuan ramuan alami yang diracik sendiri tentunya akan menghasilkan manfaat yang lebih cepat. Pencampuran antara buah pepaya, jahe, kunyit, bawang putih, dan madu ketika diberikan kepada burung lovebird akan menghasilkan burung lovebird yang gacor dan ngekek panjang. Meskipun tidak instan, namun pemberian ramuan jamu alami ini akan sangat efektif sebagai perangsang burung lovebird agar mau dan cepat gacor dan ngekek panjang.

20. Daun Ginseng Jawa

Stamina yang dibutuhkan oleh burung lovebird yang sudah mulai mengikuti lomba tentu harus lebih banyak. Pemberian daun ginseng jawa mampu membuat burung lovebird kuat main di dalam perlomba selama berkali-kali. Fungsinya yaitu untuk menambah stamina burung lovebird, meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh burung lovebird, menstabilkan birahi, menambah energi, dan membantu proses penyembuhan burung lovebird yang sedang stress atau depresi.

Di atas ialah daftar makanan burung lovebird yang bisa diberikan kepada burung lovebird agar cepat gacor, ngekek panjang, dan bertelur.

Tinggalkan komentar